Fitur mobilitas data dua arah yang baru dan integrasi cloud yang diperluas menyederhanakan perlindungan data dan operasional hybrid cloud, sekaligus membantu mengurangi biaya hingga 40%
SANTA CLARA, Calif., 30 Juli 2025 – Hitachi Vantara, anak perusahaan dari Hitachi, Ltd. (TSE: 6501) yang bergerak di bidang penyimpanan data, infrastruktur, dan manajemen hybrid cloud, hari ini mengumumkan kapabilitas baru untuk Virtual Storage Platform One Software-Defined Storage (VSP One SDS), yang kini tersedia di Google Cloud Marketplace. Fitur-fitur baru ini menghadirkan kapabilitas kelas enterprise ke lingkungan public cloud, termasuk replikasi asynchronous dua arah, thin provisioning, dan kompresi data tingkat lanjut. Peningkatan ini memberikan fleksibilitas lebih besar bagi perusahaan, efisiensi pengelolaan data, opsi pemulihan bencana yang lebih kuat, serta mobilitas data yang lebih sederhana di antara lingkungan on-premise dan cloud.
Seiring berkembangnya arsitektur penerapan hybrid cloud, semakin banyak organisasi yang menggabungkan public cloud dan private cloud untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berubah. Menurut laporan adopsi cloud tahun 2025, hampir 80% perusahaan kini menggunakan lebih dari satu public cloud dan 60% mengoperasikan beberapa private cloud, yang menyoroti meningkatnya kebutuhan akan konsistensi dan kendali dalam infrastruktur yang kompleks. Karena AI secara signifikan meningkatkan kebutuhan penyimpanan data bagi perusahaan, riset industri terbaru menunjukkan bahwa 47% pemimpin TI dan keamanan menghadapi tantangan keterbatasan visibilitas di seluruh lingkungan hybrid—menjadikan pengelolaan risiko dan kontrol sistem semakin menantang.
Dengan ketersediaannya di Google Cloud Marketplace, VSP One memberdayakan pelanggan untuk menerapkan sumber daya penyimpanan di lingkungan cloud dan on-premise melalui satu antarmuka manajemen terpadu tanpa perlu melakukan perancangan ulang arsitektur. Kapabilitas baru yang dihadirkan mencakup thin provisioning dan kompresi yang dapat mengurangi biaya penyimpanan cloud hingga 40%, memungkinkan pelanggan memaksimalkan efisiensi dan performa sambil meminimalkan beban operasional. Selain itu, replikasi asynchronous dua arah memperkuat strategi pemulihan bencana dengan memungkinkan situs utama dan cadangan berfungsi sebagai sumber maupun target.
“Hadirnya VSP One di Google Cloud Marketplace akan membantu pelanggan dengan cepat menerapkan, mengelola, dan mengembangkan solusi manajemen data mereka di atas infrastruktur global Google Cloud yang tepercaya,” ujar Dai Vu, Managing Director, Marketplace & ISV GTM Programs, Google Cloud. “Hitachi Vantara kini dapat melakukan penskalaan secara aman dan mendukung pelanggan dalam perjalanan transformasi digital mereka.”
VSP One menghadirkan tingkat ketersediaan setara enterprise ke lingkungan public cloud, yang dirancang untuk mendukung keandalan layanan dan uptime tinggi sebagaimana diharapkan oleh bisnis dari berbagai skala—terutama ketika waktu henti atau biaya perancangan ulang menjadi hal yang signifikan. VSP One dirancang untuk memastikan ketersediaan secara terus-menerus, dengan target uptime sebesar 99,999%. Ini membantu menekan biaya sekaligus memungkinkan migrasi secara native ke dan dari berbagai platform penyimpanan serta cloud. Solusi ini juga mendukung pemulihan yang lebih cepat dari gangguan tak terduga dan membantu organisasi menjaga kelangsungan bisnis dengan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi.
“Pelanggan menginginkan kebebasan untuk memilih cloud yang tepat bagi setiap beban kerja, serta jaminan bahwa data mereka akan tetap terlindungi, tersedia, dan mudah dikelola,” ujar Octavian Tanase, Chief Product Officer, Hitachi Vantara. “Dengan ketersediaan di Google Cloud Marketplace dan penambahan fitur replikasi asynchronous dua arah, VSP One memberdayakan pelanggan kami untuk menyederhanakan operasi hybrid cloud secara lebih mudah sekaligus memperkuat ketahanan sistem mereka.”
Membuka peluang baru bagi mitra kanal Hitachi Vantara untuk mendukung pelanggan dalam mengembangkan strategi hybrid cloud mereka, penawaran ini menghadirkan pendekatan yang lebih fleksibel, berbasis software-defined, serta integrasi yang lebih mendalam dengan Google Cloud. Solusi ini memberi mitra cara baru untuk menjawab prioritas penting seperti ketahanan sistem, keamanan, dan keberlanjutan, sekaligus membantu pelanggan meningkatkan operasional, memperkuat perlindungan data, dan memaksimalkan nilai dari infrastruktur yang sudah mereka miliki.
Ekspansi ke Google Cloud mencerminkan komitmen berkelanjutan Hitachi Vantara terhadap inovasi di seluruh platform VSP One. Langkah ini memperkuat peluncuran terbaru VSP 360, sebuah platform perangkat lunak manajemen data terpadu yang menyederhanakan pengalaman pengguna VSP One dan memberikan visibilitas menyeluruh terhadap data dan infrastruktur.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang VSP One SDS dan bagaimana solusi ini dapat menyederhanakan operasi hybrid cloud sekaligus menurunkan biaya, kunjungi:
https://www.hitachivantara. com/en-us/products/storage- platforms/software-defined- storage
https://www.hitachivantara.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai VSP One, silakan kunjungi situs kami:
https://www.hitachivantara. com/en-us/products/storage- platforms/data-platform
https://www.hitachivantara.
###
Tentang Hitachi Vantara
Hitachi Vantara mentransformasi cara data mendorong inovasi. Sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hitachi Ltd., Hitachi Vantara menyediakan fondasi data yang diandalkan oleh para inovator terkemuka dunia. Melalui solusi penyimpanan data, sistem infrastruktur, manajemen cloud, dan keahlian digital, perusahaan membantu pelanggan membangun fondasi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.hitachivantara.com.
Tentang Hitachi, Ltd.
Melalui Social Innovation Business (SIB) yang mengintegrasikan IT, OT (Operational Technology), dan produk, Hitachi berkontribusi pada masyarakat yang selaras — di mana lingkungan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi berada dalam keseimbangan. Hitachi beroperasi secara global di empat sektor utama: Digital Systems & Services, Energy, Mobility, dan Connective Industries, serta satu unit bisnis strategis SIB untuk pertumbuhan baru. Dengan Lumada sebagai inti, Hitachi menciptakan nilai melalui integrasi data, teknologi, dan pengetahuan domain untuk menyelesaikan tantangan pelanggan dan masyarakat. Pendapatan Hitachi untuk tahun fiskal 2024 (yang berakhir pada 31 Maret 2025) mencapai 9.783,3 miliar yen, dengan 618 anak perusahaan konsolidasi dan sekitar 280.000 karyawan di seluruh dunia. Kunjungi kami di www.hitachi.com.
HITACHI adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar milik Hitachi, Ltd. Semua merek dagang, merek layanan, dan nama perusahaan lainnya adalah milik masing-masing pemiliknya.
Komentar0