74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Bupati Banyumas Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-114

Foto : Istimewa

CTVINDONESIA, PURWOKERTO
- Pemerintah Kabupaten Banyumas menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114 di Halaman Pendopo Sipanji Purwokerto, Jumat (20/5/2022). 


Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi inspektur upacara yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Banyumas, Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Organisasi Wanita. Sebagai peserta adalah TNI, Polri, Satpol PP, ASN, Pramuka dan pelajar


Bupati Husein saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G. Plate, mengatakan bahwa semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk Semangat juang dari Budi Utomo masih sangat relevan untuk dikontekstualisasikan dengan kondisi Indonesia saat ini serta sebagai upaya kolektif memperkuat persatuan bangsa dalam memerangi pandemi covid 19.


“Di tengah krisis Rusia, pandemi covid – 19 dan konflik Ukraina yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” tuturnya.


Republik Indonesia, lanjut Menkominfo, memperingati kebangkitan nasional yang ke – 114. dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai seruan agar seluruh rakyat bisa bangkit bersama dari pandemi Covid – 19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.


“Peringatan hari kebangkitan nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja, guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan hari kebangkitan nasional,” sambung dia dalam teks pidato yang dibacakan Bupati Husein.


Lahirnya organisasi Boedi oetomo sebagai pelopor Harkitnas, bertujuan untuk menjamin kehidupan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.


“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan Indonesia yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” pungkasnya.


Sumber : Nur Nazifa Putri Jurnaly

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close