74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Pelaku Penggelapan Pajak Rp 2,1 M Diserahkan ke Kejaksaan di Cilacap

Foto : DJP Jateng II

CTVINDONESIA - Pelaku penggelapan pajak sebanyak 2 miliar lebih berinisial N diserahkan ke kejaksaan negeri cilacap, hal itu dilakukan setelah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II bersama Koordinator Pengawas PPNS Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyatakan berkas perkara telah lengkap.

Penyerahan tersangka dan barang bukti terkait proses penyidikan tindak pidana penggelapan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dengan inisial N atas wajib pajak PT IJP pada Senin (18/3/2024)

Sri Mulyono, Kepala BidangPemeriksaan, Penagihan, Intelijen dan Penyidikan Kanwil DJP Jawa Tengah II menjelaskan penyerahan tersebut dilakukan setelah Berkas Perkara penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan telah dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah nomor B-641/M.3.5/Ft.2/02/2024 tanggal 7 Februari 2024.

Tersangka N melalui PT IJP diduga telah melakukan tindak pidana perpajakan dengan sengaja tidak menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang telah dipungut setidak-tidaknya dalam kurun waktu antara Januari s.d. Desember 2019 atas kegiatan usahanya dalam bidang penyediaan jasa tenaga kerja ke beberapa customer.

“Modus operandi yang digunakan oleh tersangka yakni tersangka memberikan tagihan beserta PPN atas penyediaan jasa tenaga kerja kepada customer, namun PPN yang telah dibayarkan oleh customer tidak disetorkan ke kas negara,”katanya.

Tersangka N melanggar ketentuan pidana di bidang perpajakan sesuai Pasal 39 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. 

Atas tindak pidana tersebut diduga telah menimbulkan kerugian pada pendapatan negara sekurang-kurangnya sebesar Rp2.147.507.182,- (dua milyar seratus empat puluh tujuh juta lima ratus tujuh ribu seratus delapan puluh dua rupiah).

Upaya terakhir penegakan hukum perpajakan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo pihaknya mengatakan 

bahwa sebelumnya telah melakukan langkah persuasif dan melakukan serangkaian kegiatan pengawasan tindakan penyerahan ini merupakan upaya terakhir penegakan hukum perpajakan. 

“Kami sudah melakukan serangkaian kegiatan pengawasan dan pembinaan, baik melalui surat imbauan maupun konseling secara langsung dengan Account Representative (AR) sebelum 

dilakukan Pemeriksaan Bukti Permulaan. Pada saat pemeriksaan bukti permulaan, wajib pajak 

sudah diberikan kesempatan untuk melakukan pengungkapan ketidakbenaran perbuatan sesuai 

pasal 8 ayat (3) UU KUP. Namun wajib pajak tidak melakukan pembayaran kewajiban pajaknya, sehingga kita lanjutkan tahap penyidikan untuk memberikan efek jera,” jelas Slamet.

Slamet juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh aparat penegak hukum yang telah mendukung dan bersinergi baik dengan Kanwil DJP Jawa Tengah II dalam pelaksanaan tindakan penegakan hukum.

Sementara pihak kejaksaan negeri ( Kejari ) Cilacap  setelah menerima pelimpahan berkas perkara, barang bukti dan tersangka dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kanwil DJP II Jateng  jaksa penuntut Kejati Jateng dan Kejari Cilacap melakukan penahanan terhadap tersangka N atas kasus penggelapan pajak senilai Rp2,1 miliar.


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close