74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Persiapkan Karya Bakti Lebaran Pramuka Banyumas Dibekali Ketrampilan

Foto : Humas


CTVINDONESIA, PRAMUKA - Dalam rangka persiapan Karya Bakti Lebaran (KBL) Tahun 2022 sebagai antisipasi adanya arus mudik lebaran, Kwarcab Banyumas melalui Bidang Abdimas memberikan pembekalan kepada Calon Petugas KBL dengan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama (First Aid). 


Hal tersebut untuk menyiapkan anggota Pramuka yang senantiasa siap membantu masyarakat dan Pemerintah dalam memperlancar arus mudik melalui gelaran Karya Bakti Lebaran. 


Selain itu itik fokus untuk masyarakat yang melakukan kunjungan ke area wisata di Kabupaten Banyumas. Pada Kegiatan pelatihan ini Kwarcab Banyumas menggandeng PMI Kabupaten Banyumas. 



Sekretaris Bidang Abdimas Ady Candra, S.IP. mengatakan, materi dan ilmu yang diberikan saat pelatihan, agar ditindaklanjuti di masing - masing Kwarran yang akan membuat Posko Lebaran. 


Mereka diminta segera berkoordinasi dengan Camat dan Kapolsek setempat dalam Partisipasi Pramuka di Pos PAM Polresta Banyumas maupun Pemkab Banyumas. 


"Dengan berkoordinasi, keberadaan Pramuka yang berniat baik membantu, tentunya dapat dimonitoring oleh Forkompincam setempat," jelasnya Minggu 3 April 2022.


Para petugas di Kwarran juga diharapkan diberikan  pembekalan terlebih dahulu, sehingga apa - apa yang menjadi Pedoman bagi Petugas dapat dilaksanakan dengan baik. 


Narasumber dari kegiatan pelatihan adalah dari PMI Kabupaten Banyumas yang memberikan materi Bantuan Hidup Dasar, Penilaian Korban, Teori Pertolongan Pertama, Praktek Pertolongan Pertama dan Simulasi Menolong Korban hingga dimasukan ke Ambulance.


"Mengingat Pramuka Peduli juga memiliki 1 (satu) unit Ambulance kerjasama dengan Sahabat Jegur Purwokerto," lanjutnya***

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close