74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

24 Orang Ritual di Laut di Seret Ombak, Beberapa Orang Ditemukan Meninggal

24 Orang Disapu Ombak, 12 Selamat, 3 Meninggal Dunia, 9 Lainnya Hilang di Pantai Payangan Jember.(FOTO: Tangkapan layar)

CTVINDONESIA, JEMBER
- Pada hari Minggu (13/2/2022 ) sekira pukul 01.00 WIB, dilaporan terjadi insiden orang hilang akibat terseret ombak di Pantai Payangan tepatnya di Selatan Gunung Samboja turut Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu,  Jember, Jawa Timur


Dilaporkan 24 orang terseret ombak laut saat mengikuti ritual. Tercatat 12 orang ditemukan selamat, tiga orang meninggal dunia dan 9 lainnya hilang. Hingga saat ini masih dalam upaya pencarian tim SAR  dan relawan setempat.


Berdasar informasi dari Fortasi Banyumas, rombongan berasal dari padepokan Jamaah Tunggal Jati Nusantara yang beralamat di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. 



Pagi itu mereka dikabarkan sedang menggelar ritual di Pantai Selatan tepatnya di Payangan dan Watu Ulo. Namun tiba - tiba datang ombak besar sehingga mereka terseret ke tengah lautan.


Seluruh ‘Jama'ah yang berasal dari berbagai daerah di Jember ini, terseret ombak saat menggelar ritual pada Minggu (13/2/2022) dinihari, dari peristiwa ini 12 orang berhasil diselamatkan, 9 hilang dan 3 ditemukan meninggal dunia.


Tiga  korban meninggal dunia adalah, Kholifah,  warga Desa Gugut Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, Ny Syaiful warga Desa Krasak Kecamatan Ajung Kabupaten Jember dan Afif asal Dusun Kemuning Lor RT 06/RW 04 Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember.


Sedang korban hilang adalah / belum ditemukan,

1. Ida, Alamat : Tawangalun Kecamatan. Rambipuji Kabupaten. Jember, 

2. Pinkan, 13 Alamat : Tawangalun Kecamatan. Rambipuji Kabupaten Jember.

3) Nama : Ny Bintang (umur tdk tahu)

Alamat : Jl. Kacapiring Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

4) Nama : Sofi (22)

Alamat : Dsn. Botosari Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten. Jember.

5) Nama : Arisko, 21

Alamat : Dusun. Botosari Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupatwn Jember.

6) Nama : Febri, 28

Alamat : Bondowoso.

7) Nama : Musni, 55

Alamat : Sempusari Wetan Kabupaten. Jember.

8) Nama : Syaiful, 40

Alamat : Desa Krasak Kecamatan. Ajung Kabupaten Jember dan 

9) Nama : Yuli (30), Alamat : Panti Kabupaten. Jember.


Sedang korban selamat, sbb :

1)  Nama : Dimas, 17 Tahun

2)  Nama : Bayu, 21 Tahun

3)  Nama : Ny Hasan, 55 Tahun

4)  Nama : Ny  Dewi, 48 Tahun

5)  Nama : Nuriya Fifa Kirana, 2 Tahun

6)  Nama : Nurhasan, 35 Tahun

7)  Nama : Feri, 20 Tahun

8)  Nama : Bintang, 19 Tahun

9)   Nama : Eko, 35 Tahu

10) Nama : Dani, 21 Tahun

11) Nama : Jumadi, 35 Tahun

12) Nama : Suari, 50 Tahun


 Kronologis :

Pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 sekira pkl 23.00 WIB Hasan (Pemimpin Rombongan Kelompok Tunggal Jati Nusantara) bersama-sama rombongan yang lain secara estafet yakni warga Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah sejumlah 24 Orang (termasuk Sopir) berangkat dari rumahnya di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi menuju Pantai Payangan Dusun. Watu Ulo Kecamatan Ambulu menggunakan Armada Bus Mini / Elf Nopol : DK-7526-VF, Warna Silver.


Pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 sekira pkl 23.00 WIB ke 24 korban tiba di Pantai Payangan untuk bersama - sama untuk melakukan ritual.


Kemudian sekira pukul 00.00 WIB ke 23 korban melakukan melakukan ritual di tepi Pantai Payangan tepatnya di selatan Gunung Samboja namun sebelumnya sudah diingatkan oleh  Saladin (Pengelola Bukit Samboja/Sebelah Utara TKP) untuk tidak ke laut dikarenakan ombak besar.


Rombongan  tetap ke pantai guna melaksanakan ritual dan sekira pukul 00.25 ke 23 Korban terserat arus air laut Pantai Payangan Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu yang datang secara tiba-tiba.


Korban yang selamat dibawa ke PKM Ambulu guna penanganan lebih lanjut dan dimintakan VER dan mencari korban yang hilang / belum diketemukan.


Pukul 02.45 WIB para korban selamat dan yang meninggal dunia dibawa menggunakan ambulance PKM Sabrang dan Strada Bacbone Polsek Ambulu ke PKM Ambulu. (MH)

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close