Film Karya Mahasiswa UMP Raih Juara Terfavorit Ajang FFMI 2020 -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Film Karya Mahasiswa UMP Raih Juara Terfavorit Ajang FFMI 2020

Rama Prasetyo


PURWOKERTO - Karya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah kembali meraih penghargaan di kancah nasional. Kali ini, UMP patut berbangga, Film berjudul ‘Mbak Ayu’ yang diproduseri Dewangga dinobatkan sebagai film terfavorit, dalam Ajang Festifal Film Mahasiswa Indonesia (FFMII) 2020.

Film karya UKM Teater Perisai yang distradarai oleh Mirza, penulis scenario Aryie, Aktor Ayu, Dop Demas, Kameramen Dimas dan Demas ini meraih juara terfavorit di FFMI 2020 yang diselenggarakan Kemendikbud dengan tema Optimisme Ibu Pertiwi di Masa Pandemi.

Sutradara, Mirza menyampaikan begitu banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung produksi film Mbak Ayu yang merupakan film perdana mahasiswa di ajang FFMI.

“Kami berharap semoga kedepannya mahasiswa dapat memproduksi film yang lebih baik lagi,” ungkapnya dalam rilis yang diterima ctv.co.id, Kamis (3/12/2020).

Film Mbak Ayu tersebut bercerita tentang seorang sarjana pendidikan yang berdedikasi untuk mengajar anak-anak pesisir pantai Cilacap. 

Dengan keterbatasan yang ada tidak menjadi penghalang Ayu untuk mengajar serta tidak juga memadamkan semangat anak-anak pesisir untuk belajar.

“Sayangnya, itikad baik Ayu tidak mendapat tanggapan baik dari ayahnya. Sang Ayah justru menghendaki Ayu agar segera mencari calon untuk segera menikah,”ucapnya.

Seleksi film, jelas Mirza, dilakukan melalui 3 tahapan, yakni seleksi administrasi dengan total karya 129 film dari perguruan tinggi diseluruh Indonesia. Kemudian dilanjutkan kurasi tahap 2 untuk dipilih 30 besar yang nantinya akan dipilih juara 1, 2, 3, dan harapan 3, 2, 1.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMP Efi Miftah Faridli mengatakan meskipun di tengah pandemi Covid-19, antusasime mahasiswa untuk mengikuti lomba yang diadakan secara daring itu cukup tinggi. 

Terbukti dari totalitas mahasiswa pada proses produksi sejak awal penyusunan naskah hingga proses editing setelah pengambilan gambar yang dilakukan di Sintokawang Cilacap, Jawa Tengah.

“Film garapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan judul Mbak Ayu berhasil meraih juara pada ajang Festival Film Mahasiswa Indonesia sebagai juara favorit. Pengumuman lomba ini disampaikan melalui siaran langsung FFMI award pada kanal youtube Dije TV,” ujarnya.

Film yang digarap mahasiswa berjudul Mbak Ayu dengan durasi 10 menit itu disutradai oleh Mirza Akmal mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.(Rama)