74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark
"/>

6 Prodi UMP Terakreditasi A


Foto: Humas UMP



Purwokerto - Enam program studi (prodi) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 2020.

Keenam prodi tersebut yaitu Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen, dan Akuntansi.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, hasil tersebut merupakan upaya UMP dalam meningkatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).


UMP, kata Jebul, sebagai kampus terbaik ke 5 Muhammadiyah di Indonesia yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah itu merupakan perguruan tinggi yang menuju akreditasi A. 

Saat ini UMP telah memiliki lebih dari 43 program studi, dan 11 fakultas. 

Selain itu UMP juga memiliki 5 program profesi dan penyelenggara PPG.

“ UMP telah memiliki banyak Prodi, diantaranya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) diantaranya, Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), dan PGPAUD (S1),” jelasnya di Purwokerto, Rabu (18/3/2020).

Untuk Prodi Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran yakni, Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3, Kebindanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), dan Keperawatan Anestesiologi (D4).

“Fakultas Agama Islam memiliki dua Prodi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada tiga prodi yaitu, Manajemen S1, Akuntansi S1, dan Akuntansi D3,” lanjut Dr. Jebul Suroso. 

Fakultas Pertanian, kata Dr Jebul, ada dua prodi yakni, Agribisnis (S1), dan Agroteknologi (S1). Di Fakultas Teknik dan Sains ada Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), Teknik Mesin (S1).

“Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Sastra prodi Sastra Inggris S1, dan Fakultas Hukum,” ungkapnya. 

Selain Prodi S1, Dr Jebul juga menyebutkan UMP telah memiliki Program Pascasarjana S2 diantaranya, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

“Kalau Program Profesi, UMP memiliki profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru,” tandas Dr. Jebul Suroso. 


Dia menambahkan, saat ini UMP sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas  diantaranya lokal perkuliahan seluruhnya ber-AC, dan ber-LCD bahkan Broadband Internet yang dimiliki UMP 16 Kali Standar Akreditasi.

Bagi mahasiswa yang punya bakat, sudah ada Unit Kegiatan Mahasiswaan (UKM) atau ekstrakulikuler seperti pecinta alam (Mapala) Satria, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Taekwondo, Teater Perisai, Radio Gradiosta, Koprasi Mahasiswa Lebah, Olahraga, Lembaga Pres Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Galeri Seni dan Budaya (GASEBU), Pramuka, Karate BKC, Gema Surya Suara (GSS) Choir, dan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pik-Ma) Youth Center.

Guna menunjang proses perkuliahan dan peningkatan kualitas pendidikan UMP memiliki sejumlah fasilitas, seperti Alumni Mengajar ke luar negeri, Pertukaran Mahasiswa Ke luar negeri, Beasiswa Belajar Bahasa Arab selama 2 Tahun, Progam KKN Ke Luar Negeri, hingga Beasiswa erasmus.

Belum cukup sampai disitu, di UMP juga tersedia Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Perpustakaan (e-library) yang sudah terakreditasi A, Kualifikasi Dosen S-2 dan S-3, Sistem Akademik  Berbasis Online, Sertifikasi Lulusan, Laboratorium Komputer, Audit, dan  Bahasa.

Berminat dan  berniat kuliah di UMP, Banyumas, Jawa Tengah? Cukup download saja aplikasi di playstore penerimaan mahasiswa baru UMP dengan kata kunci “daftarUMP”.

Atau bisa datang langsung ke Kampus I Jl Raya Dukuh Waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran Banyumas, Telp (0281) 636751, 630463, 634424.(tgr/Rama) 
close
close