74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark
"/>

Puluhan Warga Desa Pengadegan Alami Keracunan Makanan


Foto: Rama 

Banyumas – Puluhan warga Desa Pengadegan, kecamatan Wangon, kabupaten Banyumas mengalami keracunan yang diduga dari makanan yang disajikan dalam acara tujuh bulanan di rumah warga bernama Warsinah warga Rt 04 Rw 05 Desa Pengadegan.
Mereka mengalami keracunan setelah menyantap sejumlah hidangan tumpengan berisi nasi, kluban, dan makanan lainnya pada Jumat (7/2/2020) sekitar pukul 10:00 WIB. 

Namun efek makanan itu baru terasa setelah 12 jam berikutnya. Kemudian puluhan warga tersebut baru berbondong-bondong ke puskesmas 1 Wangon pada Sabtu sore sekitar pukul 16:00 (8/2/2020).


Menurut seorang warga Rt. 04 Rw 05 yang Ibunya menjadi korban saat dimintai keterangan di puskesmas menjelaskan awalnya setelah pulang dari hajatan. 

”Kejadian sebenarnya Jumat mas, tapi setelah itu buang buang air, demam ,dan gemetar, hingga menjadi parah sekarang ini, “katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyumas Sadiyanto yang tiba di Puskesmas pukul 18:00 yang didampingi oleh Kepala Puskesmas 1 Wangon dr. Hariyo Saloka langsung melakukan pengecekan ke sejumlah korban yang sebagian dibaringkan disejumlah kursi ruang tunggu.

Menurut Sadiyanto pihaknya langsung mengambil makanan untuk dijadikan sampel.
”Benar puluhan warga telah menjadi korban keracunan yang diduga dari makanan yang disajikan dalam hajatan warga, sehingga kami segera melakukan langkah pengambilan sampel makanan untuk di uji di laboratorium, dari dugaan tersebut memang mengarah ke hajatan tersebut,” terang Sadiyanto. 
Hingga berita ini diturunkan korban masih terus berdatangan, bahkan beberapa orang dirujuk ke RS. Ajibarang dan RS.An Nimah.(Rama) 
close
close