CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

103 Anggota BPD di Cimanggu dilantik

103 Anggota BPD di Cimanggu dilantik

FOTO : Camat Cimanggu Bambang Tutuko,S.Sos,MSi melantik ke Anggota BPD di Pendapa Kantor Kecamatan Cimanggu.Jum’at (13/12).
CIMANGGU-Camat Cimanggu melantik 103 anggota BPD dari 15 Desa seKecamatan Cimanggu,meliputiDesaCimanggu,Cilempuyang,Karangreja,Rejodadi,Bantarpanjang,Panimbang,Mandala,Cibalung,Bantarmangu,Cisalak,Kutabima,Pesahangan,Negarajati,Cijati dan Karangsari.Jum’at (13/12)

 Kegiatan Pelantikan dilaksanakan di Pendapa Kantor Kecamatan Cimanggu oleh Camat Cimanggu Bambang Tutuko,S.Sos,MSi ditandai dengan pengambilan  sumpah jabatan dan penandatangaanan berita acara pelantikan.

Hadir menyaksikan Kegiatan Pelantikan Forkompica Kecamatan Cimanggu,Kepala Desa,Ketua Tim Penggerak tingkat Desa dan ketua Ormas Kepemudaan dan Keagamaan serta undangan.

Camat Cimanggu Bambang Tutuko dalam sambutanya mengharapkan kepada seluruh anggota BPD dapat memahami tugas pokok dan fungsinya,sebagaimana aturan perundang-undangan.

Berdasarkan UU Desa,diketahui kedudukan BPD mengalami pergeseran atau lebih menjadi kunci keberhasilan bagi pemerintahan dan pembangunan desa.

Oleh karena BPD merupakan Badan Permusyarawatan harus bisa sinergis dengan Kepala Desa maupun Kepala Desa bersama-sama menyukseskan Program Bangga mbangun Desa dan ikut mengawal penyusunan APBDes di Desa masing-masing.

"Selamat bekerja dan menjalankan tugas,bersama kepala Desa dan jajarannya dan tugas pertama adalah memilih ketua BPD di masing masing Desa segera menentukan Ketuanya . "Ungkapnya.

Ditegaskan Sesuai dengan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Tentag BPD,bertujuan untuk membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa,menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan lakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Oleh karena itu BPD jangan hanya ada sebagai lembaga yang berjalan secara formalitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan jangan hanya bertugas memberikan legitimasi kepada pemerintah desa.

" Kita berharap BPD benar-benar efektif dan memiliki kekuatan check and balance bersama masyarakat yang diwakili pemerintah desa." tegas Bambang.

Untuk itu dia meminta,setiap anggota BPD dapat meningkatkan kualitas,kompetensi dan inovasi serta bisa memahami regulasi yang berlaku dan menghindari hubungan yang kurang harmonis dengan pemerintah desa.(TI).




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.