CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kasdam Tutup TMMD Didesa Cilibang Cilacap

Kasdam Tutup TMMD Didesa Cilibang Cilacap


Cilacap - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-106 TA 2019 yang difokuskan di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap resmi ditutup oleh Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE, MM mewakili Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE, MM.

Upacara penutupan TMMD dilaksanakan Kamis, (31/10/2019) di Desa Cilibang, Kecamatan Jerukegi dihadiri Danrem 071/Wijayakusuma, Dandim 0703/Cilacap selaku Dansatgas TMMD Reguler ke-106 Kodim 0703/Cilacap, Bupati dan anggota FKPD Kabupaten Cilacap serta Pejabat Dinas/Instansi terkait, dan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta organisasi kemasyarakatan.

Pangdam IV/Diponegoro dalam sambutanya yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro mengatakan, TMMD ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama terus berupaya melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial.

"Program TNI Manunggal Membangun Desa yang merupakan program kerja sama terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK)," katanya.

Dia berharap, dengan program TMMD tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal atau miskin, terisolasi atau terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

"TMMD Reguler ke-106 ini mengangkat tema 'Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat'," tegas Kasdam.

Dalam TMMD ini menurutnya, Kodam IV/Diponegoro telah berhasil melaksanakan  pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan atau rehab sarana infrastruktur diantaranya sarana transportasi berupa jalan, jembatan, renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi.

Selain itu, pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Pertanian, penyuluhan Peternakan, penyuluhan Kesehatan dan lain-lain.

"Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa serta semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, serta isu bangkitnya kembali paham komunisme, paham radikalisme, dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia," tegasnya.

Ditemui usai upacara penutupan, Kasdam IV/Diponegoro mengatakan ada yang unik pada pelaksanaan TMMD di Kodim 0703/Cilacap kali ini. Demi melaksanakan program mencerdaskan warga, Kodim adakan perpustakaan keliling dengan menggunakan sarana delman.

"Delman merupakan salah satu sarana media untuk terus menarik minat baca dari seluruh anak-anak sekolah. Membaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan siapa pun dia, anak-anak, dewasa bahkan orang tua sekalipun," ungkapnya.

Lebih lanjut Kasdam menjelaskan, minat baca sangat penting dan perlu untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, sehingga diharapkan kader-kader bangsa dan generasi yang akan melanjutkan kehidupan bangsa ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan yang sekarang ini.

Usai upacara penutupan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu dan pemotongan pita serta peninjauan hasil pelaksanaan proyek TMMD Reguler Ke-106 TA 2019.

Untuk pelaksanaan Upacara penutupan TMMD Reg 106 di wilayah Kodam IV/Diponegoro juga dilaksanakan di Kodim 0709/Kebumen, Kodim 0719/Jepara dan Kodim 0724/Boyolali.(*)

sumber:harian7.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment