74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

SUHU DINGIN DI CILACAP DAN SEKITARNYA

Terjadi setiap 44 tahun sekali



Cilacap - Pengamatan suhu udara di Stasiun Meteorologi Cilacap dan pos pengamatan cuaca di Bandara Tunggul Wulung Cilacap pada hari ini, suhu udara minimum masing masing tercatat 20,4°C dan 17,9°C.


Wilayah dataran tinggi atau pegunungan tentu suhu udara akan lebih dingin dari pada suhu di wilayah pesisir,      ( bila tidak ada alat ukur bisa menghitung dengan laju penurunan suhu 0,5°C per kenaikan 100 m ketinggian tempat ) . 


Suhu 17,9°C yang tercatat di Pos pengamatan Cuaca Bandara Tunggul Wulung Cilacap hampir menyamai suhu udara paling minimum yang terjadi di Cilacap selama kurun waktu 44 tahun. 


Dalam sejarah suhu minimum yang tecatat dari tahun 1975 sampai dengan pertengahan Juni 2019, suhu minimum pernah terjadi pada tanggal 14 Agustus 1994, tercatat 17,4°C. Pada saat itu suhu maximum hanya 25,8°C dan rata - ratanya 22,9°C.


Selisih suhu udara minimum selama 44 tahun dengan hari ini hanya terpaut 0,5°C, tetapi lokasi kejadian berbeda, saat ini terjadi di Tunggul Wulung yang mempunyai elevasi sekitar 69 feet ( 21 meter diatas permukaan laut ).


Berdasarkan prakiraan yang di rilis oleh Stasiun Klimatologi semarang, puncak musim kemarau di Cilacap dan sekitarnya akan terjadi pada bulan Agustus 2018, dimana curah hujan diprakirakan antara 0 - 50 mm/bulan.


Demikian pula dengan suhu udara minimum di malam dan pagi hari diprakirakan akan bertambah semakin dingin. Memberikan indikasi bahwa kejadian suhu dingin ini masih akan berlangsung hingga akhir Agustus bahkan awal September 2019.


Kejadian suhu dingin ini diprakirakan akan normal, sehingga tidak perlu dikawatirkan oleh masyarakat.


Dampak di Cilacap dan sekitarnya tidak terlalu signifikan, dampak terhadap kulit misalnya menjadi kelihatan kering ( busik ) dan kusut, bagi yang alergi terhadap dingin perlu persedian baju yang lebih hangat.  


Munculnya kabut di pagi hari pada saat musim kemarau,seperti hari ini dan beberapa hari yang lalu merupakan sesuatu yang wajar dan lazim terjadi, kemunculan kabut ini juga menambah dingin suhu udara di wilayah Cilacap.



 Sumber : BMKG, Stasiun Meteorologi Cilacap

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close