74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

267 Pramuka Banyumas Dilantik Menjadi Pramuka Garuda

267 Pramuka Banyumas Dilantik Menjadi Pramuka Garuda


PURWOKERTO : Sebanyak 267 pramuka dari berbagai pangkalan meraih tingkatan tertinggi pada golongan pramuka yaitu Pramuka Garuda. Pelantikan Pramuka Garuda dilaksanakan oleh Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono, Sabtu (2/2/2019) di Halaman Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas.


Sekretaris Bina Muda Wahyu Handoko mengatakan pelantikan Pramuka Garuda ini sebanyak 267 Pramuka yang terdiri dari 256 penggalang, 10 pramuka penegak dan 1 orang pramuka pandega dari berbagai Pangkalan di Banyumas. Menurutnya Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka. Setelah melalui  seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus. Baru kemudian ke 267 pramuka itu dilantik menjadi Pramuka Garuda.


"Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda mereka diharapkan menjadi tauladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal," katanya.


Hadir dalam pelantikan ini, orang tua / wali dari peserta didik, jajaran pengurus Kwartir Cabang, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran), Kepela Sekolah selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pembina Gugus Depan. 


Acara berlangsung hidmat dan mengharukan, Ketua Kwarcab Achmad Supartono selaku Pembina Upacara mengaku bangga dengan pelantikan ini. 


“Setelah dilantik Kakak berharap kalian mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya. Pengucapan janji Tri Satya juga merupakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan pramuka” kata Partono.


Partono juga berterima kasih kepada orang tua, yang mampu menjadi pembina pramuka di rumah, sehingga proses pendidikan kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan tidak hanya di Gugus depan. Dukungan penuh dari orang tua yang dapat mengantarkan putra dan putrinya untuk aktif dalam kepramukaan, dan menjadi Pramuka Garuda.


Salah satu anggota pramuka yang dilantik Hilal dari pangkalan SMA N 1Jatilawang menyatakan menjadi pramuka garuda bukan untuk gaya-gayaan namun sebuah perjuangan yang butuh proses panjang untuk terus beraktifitas dalam Pramuka dengan lebih baik.


"Syarat pramuka garuda antara lain memenuhi syarat kecakapan umum tingkat laksana, tanda kecakapan khusus wajib 9, diantaranya 2 utama 3 madya sisanya purwa," katanya.


Wildan Subekti

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close