74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

NET Akhirnya Tayangkan Siaran Lokal

Banyumas-Setelah 11 bulan mengudara di frekuensi terestrial milik Spacetoon Indonesia (sejak bulan Mei 2013), akhirnya NET. benar-benar menjadi stasiun TV yang menerapkan konsep siaran berjaringan. Stasiun TV yang didirikan oleh Wishnutama ini sempat menjadi perbincangan di masyarakat, bukan saja dari kualitas programnya yang bisa dibilang menjadi angin segar di saat pertelevisian Indonesia sedang "sakit", namun menjadi bahan perbincangan di pihak KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) karena tindakan NET. yang mengganti siaran Spacetoon Indonesia di beberapa daerah bisa dibilang melanggar UU Penyiaran.


Baiklah, kita langsung ke pokok bahasan. Jam 5.30 pagi tadi (Jumat, 21/03/2014), saya seperti biasa menyalakan TV saya dan memilih NET. sebagai tontonan saya pagi itu.Biasanya pada jam itu ada program berita pagi NET, yaitu NET 5. Namun, saya kaget karena ternyata yang ada di layar kaca saya saat itu logo bening NET. berubah menjadi logo NET. JAWA BARAT dan ada tulisan SIARAN PERCOBAAN di sebelah kiri atas layar. 

Saya pun penasaran, apa acara NET. Jawa Barat ini? Ternyata jam 5.30 itu NET. Jawa Barat menayangkan NET. Jabar, program berita ringan seperti NET. 5. Sekilas program ini mirip dengan Panorama CTChannel (yang diproduksi oleh B Channel) karena sama-sama menampilkan presenter wanita. Di NET. Jabar, presenternya adalah Tita Hayati, reporter cantik dari NET. "ehhhh =)).


Namun, kemunculan NET. Jawa Barat ini mengundang banyak pertanyaan. Apakah NET. Jawa Barat memakai format HD (High Definition) Safe Area dalam siarannya seperti NET. yang menggunakan HD Safe Area? Atau malah menggunakan format SD (Standard Definition)? Apakah siaran lokal NET. di Bandung ini memang asli dari stasiun transmisinya di Lembang, yang notabene adalah kantor dari TV Anak Spacetoon Bandung dulu? Atau malah menggunakan Live Feed seperti siaran lokal SCTV? Apakah itu artinya NET. mengaktifkan kembali kantor-kantor jaringan TV Anak Spacetoon di daerah? Apakah NET. 

Jawa Barat akan punya studio sendiri? Dan pertanyaan terakhir, apakah adanya NET. Jawa Barat ini akibat peringatan KPID Jawa Barat soal keberadaan NET. di Bandung yang menggunakan frekuensi yang pernah digunakan oleh Spacetoon Bandung (30 UHF)?
Yang saya takutkan adalah, siaran lokal NET. Jawa Barat ini nasibnya sama seperti siaran lokal TransTV dan Trans7 yang tayang di waktu yang kurang potensial (jam 4.00 - 5.00 pagi). Karena melihat dari logo NET. Jawa Barat di kanan atas layar kaca yang statis, tidak ada efek gelombang air seperti logo NET. di layar kaca. Dan juga lokasi syuting dari NET. 

Jabar (program berita NET. Jabar) yang diambil dari sebuah hotel di kawasan Pasteur, Bandung. Hotel tempat syuting tersebut saya curigai adalah tempat para kru dari NET. menginap saat melaksanakan Konser Suara Untuk Negeri di Bandung. Jadi bisa dibilang, waktu syuting program tersebut mengambil waktu senggang para kru NET. saat di Bandung.


Namun, adanya siaran lokal NET. di Bandung menunjukkan kemajuan yang dilakukan oleh stasiun TV yang memiliki tagline Televisi Masa Kini ini. Semoga siaran lokal NET. terus dikembangkan sehingga dapat bersaing dengan stasiun TV berjaringan yang sudah ada, seperti KompasTV dan SindoTV.

 

Teddy Sukma Apriana

Penulis adalah seorang blogger, creator dan founder TeddyTV.
close
close