CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Sidang di PN Cilacap,Tim Advokasi Siapkan Bukti Yang Meringankan Ustadz ABB.

Jelang Sidang di PN Cilacap,Tim Advokasi Siapkan Bukti Yang Meringankan Ustadz ABB.


Cilacap – Mohamad Assegaf, tim pengacara muslim yang juga kuasa hukum terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir mengatakan pihaknya siap menghadapi sidang permohonan peninjauan kembali di Pengadilan Negeri Cilacap. Pengacara telah menyiapkan saksi dan bukti untuk membela kliennya pada 12 Januari besok. “Ada novum (barang bukti baru) dan saksi. Tapi kami belum bisa membeberkan,” kata Assegaf (11/1/16)
Assegaf dan tim kuasa hukum yakin bukti dan saksi yang dibawa akan meringankan Ba’asyir. “Ingat, kami sudah pengalaman menangani perkara Abu Bakar Baa’syir. Dua kali PK kami menang,” ujarnya.
Ia melanjutkan bahwa sidang akan dilangsungkan beberapa kali. “Hari pertama nanti akan mendengarkan tanggapan dari jaksa, jika jaksa sudah siap,” katanya. Sesi berikutnya adalah mendengarkan tanggapan dari termohon, yakni Abu Bakar Baasyir. Baru kemudian jaksa dan pengacara masing-masing akan mengajukan bukti dan saksi untuk menguatkan tanggapan masing-masing. Setelah sesi novum, Pengadilan Negeri Cilacap akan menghimpun keterangan dari kedua belah pihak untuk dikirimkan ke Mahkamah Agung.
Seperti di ketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara pada Ba’asyir karena bersalah merencanakan atau menggerakkan orang lain dengan memberikan bantuan dana untuk mengikuti kegiatan pelatihan militer di Pegunungan Jantho, Aceh Besar.
Namun di tingkat banding, Pengadilan Tinggi Jakarta mengurangi hukumannya menjadi sembilan tahun. Ketika akhirnya masuk di tingkat kasasi, MA membatalkan putusan PT Jakarta pada Oktober 2011. Sehingga hukuman kembali 15 tahun penjara.
Pengamanan Di Sekitar Cilacap diperketat
Sementara itu Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, menggelar gladi pengamanan sidang PK Abu Bakar Baasyir.
Gladi yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Cilacap, Jumat yang lalu, melibatkan ratusan personel Polres Cilacap dan difokuskan untuk pengamanan persidangan.
Saat ditemui wartawan, Kepala Bagian Sumber Daya Polres Cilacap Komisaris Polisi Djoko Septiono mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar agar situasi saat pelaksanaan sidang PK Baasyir pada hari Selasa, 12 Januari, benar-benar aman.
“Tujuan gladi ini agar pada saat pelaksanaan (sidang) benar-benar aman untuk semua, baik untuk masyarakat yang melakukan aktivitas, maupun yang ingin mendapatkan keadilan agar sesuai harapan. Itu saja yang terpenting,”Ungkapnya.
Selain difokuskan untuk persiapan pengamanan sidang, dia mengatakan bahwa pihaknya juga menyiapkan pengamanan jalur sepanjang Dermaga Wijayapura (tempat penyeberangan menuju Pulau Nusakambangan) hingga PN Cilacap.
Menurut dia, Polres Cilacap juga dibantu personel Brimob Banyumas dan TNI dalam pengamanan sidang tersebut. Sementara itu, Ketua PN Cilacap Sri Widodo mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan pengeras suara dan layar besar di luar ruangan bagi pengunjung yang tidak tertampung di dalam ruang sidang.
Sidang PK Baasyir yang akan digelar di Ruang Wijayakusuma, PN Cilacap, pada hari Selasa, 12 Januari, mulai pukul 09:00 WIB itu akan dipimpin majelis hakim yang diketuai Nyoto Hindaryanto serta beranggotakan Zulkarnaen dan Akhmad Budiman. (ck)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.