74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Kembangkan Sektor Usaha, SMK Miftahul Huda Rawalo Gandeng KUD Rukun Tani Buka Minimarket

Kepala SMK Miftahul Huda Rawalo, Muhammad, SH.I, MH (Foto : Dok)

CTVINDONESIA
- Gerakan sosial ekonomi kemasyarakatan dilakukan oleh SMK Miftahul Huda, Rawalo yang bekerja sama dengan Koperasi Rukun Tani, Cilongok, Banyumas, Sabtu 3 Juni 2023.

Kolaborasi kewirausahaan ini dilakukan melalui kerjasama antara kedua belah pihak dalam pengelolaan sektor ril pembukaan minimarket Toko Queen di Jalan Raya Pesawahan, Rawalo, Banyumas. 

Pembukan minimarket Toko Queen dihadiri oleh Kepala SMK Miftahul Huda H. Muhammad, SH.I, MH, Ketua Koperasi Rukun Tani Garan Setianto,  Dinas Nakerkopukm Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Pendamping Koperasi Adi Putra, dan tokoh masyarakat sekitar.


Kepala SMK Miftahul Huda, Muhammad menuturkan koperasi umumnya adalah pendidikan siswa di sekolah kejuruan yang fokus pada persiapan tenaga kerja untuk dunia usaha dan industri. 

Namun, dengan adanya kewirausahaan Toko Queen bersama Koperasi Rukun Tani ini diharapkan mampu membuat siswa dan masyarakat lebih mandiri. Bagi yang tidak terserap sebagai tenaga kerja, melalui sektor usaha bersama koperasi, mereka mampu menciptakan lapangan kerjanya sendiri. 

" Dengan kolaburasi ini selain bisa meningkatkan ekonomi secara internal juga diharapkan bisa mengayomi masyarakat sekitarnya,"katanya.


Dikatakan juga bahwa dengan beroperasinya minimarket, SMK Miftahul Huda juga telah memiliki bisnis center semi modern bahkan telah menggunakan teknologi barcode, dan untuk managemen IT dikelola oleh pihak koperasi Rukun Tani.

"Semoga bisa membawa kemanfaatan bagi warga desa pesawahan, dan utamanya adalah yang nantinya menjadi member,"jelas Muhammad.

Sementara Ketua Koperasi Rukun Tani, Garan Setianto sangat menyambut baik kerjasama dengan SMK Miftahul Huda. Bentuk kerjasama sebetulnya telah dilakukan sejak 29 Mei 2023 sedang launching baru dilaksanakan sesudahnya.

Bentuk kolaburasinya menurut Garan adalah pihaknya yang menyediakan seluruh stok barang yang dipasarkan. 

Sebagai langkah awal menyediakan stok barang sebanyak 1134 item dengan total 17.000 stok barang yang dijual.

"Bentuk kerjasamanya adalah pihak kami yang menyediakan barang, dan pengelolaan manajemen toko, sedangkan SMK sebagai penyedia gedung dan tanah,"jelasnya.

Garan juga mengingatkan untuk tidak silau dengan istilah "disana harga lebih murah", karena menurutnya, ketersedian barang menjadi hal utama dan berdagang tidak harus dapat harga murah.

"Jangan silau dengan disana lebih murah, ketersedian barang menjadi hal utama, diharapkan kerjasama dengan lingkungan terutama dengan UMKM, karakter konsumen juga harus dipelajari, butuh perjuangan dan pengawalan,"terangnya.

Salah satu warga yang sedang berbelanja dan beruntung mendapat viucer belanja sebesar 25Ribu, Safina Nurmundalifah mengaku senang dengan kehadiran Toko Queen didekat tempat tinggalnya.

"Senang sekali mas, apalagi pas launcing ini dapat voucer 25Ribu, lumayan bisa buat tambahan belanja kebutuhan pokok,"ujar Safina.

Sedangkan Dinas Koperasi Kabupaten Banyumas juga sangat mengapresiasi pola kerjasama yang dibentuk hingga memunculkan sebuah bentuk wirausaha Minimarket Toko Queen.

"Melalui Toko Queen tambah maju, apreasi Koperssi Rukun Tani yang tidak gentar untuk berdiri sejajar dengan toko modern,"ucap Adi Putra.

Adi juga mengatakan bahwa KUD Ruku Tani merupakan Koperasi terbesar di cilongok.

"Yang membedakan dengan toko modern hanya dari segi pelayanan,"katanya.

Diketahui bahwa Dinnakerkopukm Banyumas sangat mendukung sektor usaha di tiap SMK. Pihaknya akan selalu membantu pengembangan dengan cara pendampingan agar mampu menjaga eksistensi usaha di SMK Miftahul Huda.***


Sumber : harmasnews.com
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close