74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Unsoed Gelar Gerakan Dokter Tani


CTVINDONESIA
- Anggota Tim Penerapan Ipteks Dokter Tani Dr.Dyah Susanti,SP.,MP. menjelaskan bahwa selaras dengan upaya peningkatan kesehatan petani dan penguasaan teknologi budidaya sehat, Tim Pelaksana Pengabdian kepada masyarakat Program Penerapan Ipteks LPPM Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dokter Tani.

Program Dokter Tani tersebut bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Banyumas, IDI Cabang Purbalingga dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) Komisariat Banyumas.

Kegiatan tersebut bagi Pengurus dan Anggota Gapoktan Ngudi Makmur Desa Muntang yang digelar di Balai Desa Muntang, Kemangkon, Purbalingga, Kamis, 18 Mei 2023 pukul 08.00 WIB.


Dokter Tani yang diketuai oleh dr.M.Zaenuri Syamsu Hidayat,Sp.,KF.,M.Si.,Med., dan beranggotakan dr.Ismiralda Oke Putranti,Sp.KK., dan Dr.Dyah Susanti,SP.,MP. ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purbalingga.

Hadir dalam Dokter Tani adalah serta Ketua IDI Cabang Banyumas, Ketua IDI Cabang Purbalingga dan Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI), Kepala Desa Muntang Pengurus dan Anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Makmur Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. 

Dari akademisi yang hadir sebagai narasumber dan tim pendukung di antaranya Prof.Ir.Totok Agung Dwi Haryanto,MP.,PhD., Dr.dr.Thianti Sylviningrum,Sp.KK,M.Pd.Ked., M.Sc., dr.Schandra Purnamawati,Sp.Dv., dr. Lily Kusumasita Burkon, M.KK., dan Ir.Alief Einstein,M.Hum.


"Petani merupakan tulang punggung ketersediaan pangan bagi masyarakat, sehingga kesehatan petani merupakan hal yang penting mendapatkan perhatian. Gerakan Dokter Tani berkomitmen mendukung segala upaya untuk mewujudkan petani sehat, tanah sehat untuk mendukung hasil pertanian yang melimpah dan berkah."kata dr.M.Zaenuri Syamsu Hidayat,Sp.,KF..MSi.,Med

Sementara Prof.Ir.Totok Agung Dwi Haryanto,MP.,PhD., memperkenalkan varietas unggul padi protein tinggi Inpago Unsoed Protani dan Inpari Unsoed P20Tangguh pada paparannya dalam diseminasi ipteks. 

Pengenalan berbagai jenis penyakit kulit dan pencegahannya dengan pemakaian tabir surya dikenalkan dr.Ismiralda Oke Putranti, Sp.KK. dilanjutkan dengan pemaparan tentang budidaya pertanian secara sehat dan berkelanjutan oleh Muh.Munawar,SP.,MP., kata Dr.Dyah Susanti,SP., MP.


Sedangkan Moh.Arif Budiarto,SPt. selaku Kepala Desa Muntang merasa sangat terbantu dengan adanya acara Gerakan Dokter Tani di Desa Muntang.

Semoga kedepan sinergitas kegiatan ini terus berlanjut, sehingga petani Desa Muntang bisa lebih meningkat pengetahuannya, lebih sehat, dan bisa lebih sejahtera serta tercapai visi Desa Muntang yang "Berkarakter, Maju dan Berkah,"katanya.***


Sumber : Alief Einstein

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close