74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Siap Amankan Mudik Lebaran, Polresta Banyumas Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024


CTVINDONESIA -  Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2024 Polresta Banyumas yang bertempat di halaman Gor Satria Purwokerto, Kamis (04/04/2024).

Kegiatan ini dimpimpin langsung oleh PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H dan Dandim 0701/Bms Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama,S.T.M,Han.

Turut hadir dalam apel tersebut diantaranya Forkompimda Kab. Banyumas, Kepala OPD se Kab. Banyumas, Kepala BUMN / BUMD wil Kab Banyumas, Ketua PMI Kab Banyumas, Ketua Gerakan Pramuka Kwarca Banyumas, Kapolsek dan Danramil Jajaran, Pimpinan Ormas di wil Kab Banyumas serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan pasukan apel terdiri dari personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, Kwarcab, Senkom dan RAPI Banyumas.

PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si, usai kegiatan apel mengatakan bahwa hari ini pihaknya melaksanakan apel kesiapan jelang perayaan idul fitri merupakan wujud sinergitas pemerintah daerah bersama TNI-Polri.

Pihaknya juga menjamin bahwa ketersedian bahan pokok seperti beras dan sebagainya sampai dengan akhir bulan April 2024 di Kabupaten Banyumas terdapat surplus.


“Jadi saya imbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir untuk barang-barang kebutuhan pokok semuanya tersedia di pasar”, ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk kondisi jalan yang rusak di Kabupaten Banyumas akan diperbaiki satu persatu, sedangkan untuk jalan provinsi apa bila ada yang rusak akan kordinasikan.

“Jika ada informasi jalan yang berlubang segera kontak saya via WA pasti akan saya angkat”, kata Hanung.

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H mengatakan, Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil dan sarana prasarana yang digunakan anggota dalam Operasi Ketupat Candi 2024.

“Kita sampaikan dalam Operasi Ketupat Candi 2024 ini terdapat empat Pos, yang pertama adalah Pos Sinergits TNI-Polri dan Pemda yaitu ada di alun-alun Purwokerto, kemudian ada tiga pos terpadu yaitu pos terpadu Ajibarang, Kemranjen dan Sumpiuh”, kata Kapolresta.

Menurut Kapolresta, tiga pos terpadu yang ada dijalur selatan nantinya akan mengamankan mudik masyarakat yg masuk dari pintu tol Brebes menuju wilayah Banyumas yang akan menggunakan jalur selatan.

“Jadi ini adalah pos terpadu yang kita isi dengan personil TNI-Polri, Pemda beserta mitra kamtibmas untuk mengamankan masyarakat yang mudik melalui jalur selatan-selatan”, kata Kapolresta.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan sekenario apa bila terjadi kepadatan lalulintas dengan menyiapakan beberapa tim sperti tim pengurai kemacetan, 20 tim strong poin yang terbagi pada titik-titik yang mengalami kepadatan arus.

“Adapun personil yang terlibat sebanyak 626 personil Polres dibantu TNI sebanyak 33 personil, 30 personil brimob, 30 personil satpol PP, 30 personil dishub, 10 personil dinkes dan semuanya nanti akan kita tampung dipos terpadu maupun di pos sinergitas”, ungkap Kapolresta.

Kapolresta juga menyebutkan bahwa pihaknya bersama TNI telah menyiapkan kantor-kantor baik Kepolisian seperti Polresta, Polsek termasuk Kodim maupun Koramil untuk dijadikan tempat beristrahat para pemudik yang melintas.

“Silahakan untuk masyarakat/pemudik yang mengalami kelelahan dapat berisitrahat pada kantor-kantir tersebut untuk istrahat, ibadah dan lain sebagainya”, pungkas Kapolresta.

Sebagai informasi, Operasi terpusat dengan Sandi “Ketupat 2024” berlangsung selama 13 hari, dimulai sejak 4 April sampai dengan 16 April 2024.


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close