74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Gelar Ramadan Mindfullnes School, Mahasiswa Prodi BKI UIN Saizu Ingin Bentuk Moralitas Islami Siswa


CTVINDONESIA - Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah UIN Prof KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto, menginisiasi program Ramadan Mindfullnes School. Terdapat 21 mahasiswa turun ke sekolah memberikan edukasi dan penanaman nilai spiritual kepada para siswa.

Koordinator Kegiatan Ramadan Mindfullnes School, Nur Fathonatus Salamah menyebutkan, program itu diinisiasi mahasiswa yang aktif di Laboratorium Konseling Prodi BKI Fakultas Dakwah UIN Saizu Purwokerto. "Kegiatan berfokus pada penambahan nilai-nilai spiritual dan kesehatan mental pada siswa," ujarnya.

Target siswa yang saat ini telah berjalan, yakni di SMP Negeri 1 Purwojati. Program tersebut merupakan perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada akhir Bulan Maret 2024 yang diikuti 21 mahasiswa BKI Fakultas Dakwah.



"Dalam program Ramadan Mindfullnes School ini, mahasiswa mengadakan sesi-sesi interaktif dan edukatif yang membantu siswa memahami dan menerapkan prinsip-prinsip mindfulness (kesadaran), dalam menjalankan ibadah puasa, sholat, dan amalan Ramadan lainnya," beber dia Selasa (2/4/2024).


Untuk setiap mahasiswa memberikan edukasi dan penanaman nilai spiritual sesuai dengan pembagian kelas dari Kelas VII, Kelas VIII dan Kelas IX. Selama kegiatan, mahasiswa dari Laboratorium Konseling memberikan penjelasan tentang mindfulness dan manfaatnya dalam menjaga kesejahteraan mental dan emosional. 


"Para mahasiswa Prodi BKI mengajarkan teknik-teknik sederhana seperti pernapasan yang dalam, meditasi singkat, dan latihan refleksi diri untuk membantu siswa fokus dan tenang dalam menjalankan ibadah dan aktivitas sehari-hari," jelasnya.



Untuk kegiatan Ramadan Mindfullnes School diakhiri dengan Khotmil Qur'an, lomba takjil, bagi-bagi takjil, buka bersama dan sholat tarawih bersama. Kegiatan itu berlangsung semarak baik dari SMP Negeri 1 Purwojati dan mahasiswa Laboratorium Konseling Prodi BKI Fakultas Dakwah UIN Saizu Purwokerto. 


''Kegiatan ini mengacu pada wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dan membentuk moralitas Islami dan berbudaya positif di SMP Negeri 1 Purwojati. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang besar dari pendidik dan berharap event berikutnya bisa berkolaborasi lagi dengan mahasiswa dari Laboratorium Konseling Prodi BKI.


Nur Fathonatus juga mengaku gembira atas antusiasme siswa yang berharapan program Ramadan Mindfullnes School terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. 

"Kami berharap Ramadan Mindfulness School menjadi program yang berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan siswa di Bulan Ramadan," harapnya.



Kegiatan Ramadan Mindfulness School menjadi contoh nyata generasi muda dapat berperan aktif membantu siswa mencapai keseimbangan dan kesejahteraan selama Ramadan. "Semangat kebersamaan dan dukungan sosial seperti ini diharapkan terus tumbuh dan memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa di sekolah," tutur dia.


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close