74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Gempa Terjadi di Lumajang Jawa Timur, Berikut Penjelasan BMKG


CTVINDONESIA - Hari Minggu, 17 Maret 2024 pukul 23.17.00 WIB wilayah Lumajang, JATIM dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9.34° LS; 113.20° BT tepatnya di laut pada jarak 134 km arah Barat Daya Lumajang, JATIM dengan kedalaman 30 Km.


*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas pada zona subduksi.


*Dampak Gempabumi:*

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Lumajang dan Banyuwangi II MMI *(Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.


*Gempabumi Susulan:*

Hingga hari Minggu, 17 Maret 2024 pukul 23.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


*Rekomendasi:*

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.


Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.


Sleman, 17 Maret 2024

Kepala Stageof Sleman


Setyoajie Prayoedhie

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close