74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Tanah Labil Ancam Warga Desa Rawalo, Eddy Wahono : Ada Rumah Retak

Tanah labil yang mengancam penduduk Desa Rawalo.(FOTO : Eddy Wahono)

CTVINDONESIA, BANYUMAS
-  Relawan lintas Organisasi (Fortasi)divisi seni 99 production Banteng Mas dibawah koordinator David Okta Nugraha bersama team Serayu rescue, Sukamto Babin Kamtibmas Tipar Polsek Rawalo dan Dedi Widianto Kadus IV desa Tipar Kecamatan Rawalo pada hari Jumat tgl 28 Januari 2022 mengecek lokasi bencana tanah longsor di Grumbul Igir Cabe desa Tipar Kecamatan Rawalo dilereng pegunungan Jembangan.


Akibat hujan pada hari kamis 27 Januari 2022 telah terjadi bencana tanah longsor mengancam 2 rumah penduduk dan tebing sungai igir cabe yang runtuh mengancam bangunan jembatan jalan utama grumbul Igir Cabe desa Tipar  kecamatan Rawalo.


Tanah Longsor di RT 3 RW 12 mengancam 2 rumah, Nasim dan Marsidi.Kondisi longsoran sangat membahayakan 2 (dua) rumah tersebut. 

Rumah Nasim (45 th) tinggal menyisakan 2 meter dari batas longsoran yang menimpa bagian belakang rumah Marsidi (70 th) beruntung tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.


Pada hari Jumat 28 Januari jam 16.00 saat team Fortasi masih di lokasi mendapatkan retakan baru  di belakang rumah Nasim.


Di Rt 1 Rw 12 akibat hujan hari kamis juga terjadi longsoran tebing sungai  mengancam jembatan sungai Igir cabe yang bila sampai terputus akan menyebabkan warga grumbul tersebut yang berjumlah 110 KK (300. orang) terisolir.


Longsoran tebing sungai juga mengancam dapur Miarjo (55 th) yang rumahnya juga sudah terdapat beberapa retakan.


David Okta Nugraha : Longsoran dengan lebar 10 meter serta kedalaman 12 meter tegak lurus 60 derajat sangat membahayakan rumah Nasim yang berada diatas rumah Marsidi apabila hujan terus menerus dimungkinkan akan timbul longsoran baru, mengingat tanah didaerah tersebut adalah tanah tidak berikat dan pelapukan cadas .


Eddy Wahono pembina Forum Relawan Lintas Organisasi (Fortasi) yang terdiri dari gabungan relawan MDMC, MTA, Serayu Rescue, GAS, Bale Bakti Bawono, Rapi 08 lokal Cilongok, Kodok Ijo, FPRB Sumpiuh, Relawan khusus penanganan ODGJ, Reptil Satria,Bmt Amindo. Serta selalu didukung oleh PMI dan Pers & Mitra kerja. Menyatakan bahwa kondisi rumah kedua penduduk tersebut sangat riskan dan membahayakan bila sampai terjadi hujan.

Sangatlah diharapkan peran dinas dinas terkait : BPBD dan untuk penanganan jembatannya DPU kab Banyumas.


Sumber : Fortasi/Eddy Wahono

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close