74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Pantes Gerak Cepat, Ternyata Ini yang Dilakukan Pramuka Peduli di Banyumas

Foto : Dok.Pramuli Banyumas

CTVINDONESIA, BANYUMAS
- Dalam rangka meningkatkan Kemampuan Pertolongan di Bidang Penanggulangan Bencana Khususnya Bencana Banjir dan SAR Air, PRAMUKA Peduli Kwarcab Banyumas menggelar Latian Ketrampilan di Air.


Latihan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Januari 2022 di Taman Randu Bengkong Desa Sikapat ,Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas yang di ikuti oleh 40 (empat puluh) personil PRAMUKA Peduli Kwarcab Banyumas yang dilatih oleh Instruktur dari TAGANA Kab. Banyumas.


Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan ketrampilan dan merefresh kembali kemampuan SAR Air kepada para Anggota Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC PB) PRAMUKA Peduli dimana mereka telah mengkuti Bimbingan Teknis SAR pada bulan Oktober 2021. 



Adapun materi yang diberikan adalah cara mengevakuasi korban di Air, Mengambil Korban di Kedalam dan mengevakuasi korban. Kata Sekretaris Bidang ABDIMAS kak Ady Candra ditengah - tengah kegiatan. 


"Pada tahun ini juga nanti anak - anak SRC PB PRAMUKA Peduli akan kami bekali dengan kemampuan Menyelam Dasar, agar kemampuan mereka semakin meningkat, paling tidak dengan latihan menyelam bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi mereka" tutup Ady 



Sebelum PRAKTEK masing - masing Personil mengikuti Latihan Penyegaran Berrenang dan _Water Trappen_. Kemudian dilanjutkan dengan Sesi praktek Penyelamatan Korban, Mengambil Korban di Kedalam air dan mengevakuasi korban. 


Setelah semua personil PRAMUKA Peduli selesai praktek dilanjutkan dengan sesi evaluasi kegiatan dari awal sampai akhir dan kemudian kembali ke Sanggar Bakti PRAMUKA Kwarcab Banyumas. (SWNS)


Penulus : Ady Candra

Dok : Banu Adam I.R.

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close