74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Master Camp 2021 Karate ASKI, Dewan Guru : Jangan Main-main dengan Kihon !

Foto : Istimewa

JAKARTA - Salah satu membangun silaturahmi dan kebersamaan dunia Karate adalah adanya Gashuku dan ujian DAN. Hal itu yang dilakukan oleh pengurus pusat Akademi Seni beladiri Karate Indonesia (PP. ASKI) sejak  Jumat- Minggu (29-31/10/2021).


Menurut Ketua pelaksana Sensei Agus Suwardi Gashuku dan Ujian DAN Master Camp 2021 adalah kegiatan penyetaraan DAN serta Ujian kenaikan DAN III ke DAN IV  serta DAN IV ke DAN V, dan ini merupakan agenda tahunan untuk mengukur kemampuan dalam hal teknik dasar karate (Kihon), pemahaman rangkaian bentuk gerakan (Kata) dan teknik pertarungan bebas (Kumite) atau Self Defense.


"Master Camp ini adalah agenda resmi ASKI yang merupakan tolok ukur bagi para Sabuk Hitam penyandang DAN III keatas, dan  diharapkan menjadi ajang memupuk kebersamaan untuk saling tukar-menukar pengalaman dari para senior kepada juniornya di dalam lingkup keluarga besar Karate yang masuk dalam ASKI,"jelasnya.



Gashuku maupun Ujian DAN yang digelar dimasa pandemi Covid-19 dilakukan secara virtual sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Bahkan dalam pelaksanaannya pun mengedepankan protokol kesehatan (prokes) ketat.


Sementara Ketua Dewan Guru ASKI, Sihan Ucok Marisi Sihotang saat acara pembukaan Jumat, 29 Oktober 2021 sebelum memberikan materi Gashuku meminta untuk menjalankan prokes. Ucok meminta sebelum bertatap muka melalui virtual untuk menjalan SOP pencegahan Covid-19.


"Osh, sebelum memulai Gashuku saya harap untuk tetap menjaga prokes,"katanya.


Melalui virtual, Sihan Ucok Marisi juga  menegaskan kembali dasar dasar Karate dan filosofinya, seperti Kihon dan KATA. Sihan Ucok juga memperagakan setiap gerakan dasar yang merupakan pondasi Karate yang diikuti oleh hampir 32 Karateka yang ikut Master Camp 2021.



"Karate itu dasarnya harus kuat dulu, dan tidak boleh asal gerak saja, karena itu sebagai modal dasar sempurnanya tiap gerakan beladiri Karate, jadi jangan main main dengan Kihon,"tegasnya.


Sementara Ketua Umum ASKI Saiful Nasution dalam sambutannya sebelum memulai ujian puncak Master Camp 2021 Minggu, 31 Oktober 2021 mengingatkan agar dalam pelaksanaannya diikuti dengan sungguh sungguh. Karena menurutnya sudah dibekali sebagai pengingat oleh Dewan Guru.


"Untuk yang mengikuti Master Camp 2021 di seluruh Indobesia, diharapkan kalian dengan sungguh sungguh mengikuti apa yang telah di insruksikan oleh Dewan Guru, dan semoga mendapat hasil ujian terbaik,"katanya.



Ditambahkan, Master Camp 2021 utamanya adalah menambah kemampuan ilmu Karate agar para pelatih ASKI di daerah juga mampu membina dan bahkan menciptakan atlet Karate ASKI untuk bisa berkiprah bagi Indonesia di kancah internasional.


"Untuk para pelatih ASKI di daerah daerah agar berupaya menciptakan dan menemukan atlet Karate ASKI untuk kepentingan nasional,"katanya.


Dalam Master Camp 2021 panitia membatasi jumlah peserta Ujian Gashuku dan Ujian DAN dari berbagai daerah provinsi, seperti Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan lainnya.(*)


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close