74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Orari Banjarnegara Merapat ke Fortasi Banyumas, Ada Apa Ini?

Foto : Dok.Eddy Wahono

BANYUMAS - Pada saat acara syukuran Ulang tahun pembina Fortasi (Forum relawan lintas organisasi) Eddy Wahono,  (29/9/2021) di Waroenk Kebon kompleks bendung gerak serayu desa Tambak negara kecamatan Rawalo.Yang dihadiri oleh segenap perwakilan relawan Fortasi terdiri dari : SERAYU RESCUE, MDMC, MTA, GERPIK, ASAR HUMANITY, RELAWAN KHUSUS ODGJ BANYUMAS.

Juga dihadiri oleh  Perwakilan PMI Kab Banyumas, Ketua Orari Lokal Banjarnegara dan Purbalingga serta para simpatisan Orari Lokal Banyumas.

Dalam acara tersebut ketua lokal Banjarnegara Harsono YB2JXC menyatakan ketertarikannya untuk mengajak Fortasi bekerja sama dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Banjarnegara yang juga masuk dalam peringkat tinggi bencana tanah longsor di Propinsi Jawa tengah.

Foto : Dok. Eddy Wahono


Harsono YB2JXC : Sangat berterimakasih dengan Fortasi yang sangat cepat datang ke Banjarnegara pada saat Bencana kebakaran pasar Banjarnegara beberapa waktu lalu.

Serta memandang sangat perlu menjalin kerja sama dalam penanggulangan kebencanaan Selain dengan institusi terkait BPBD juga pada relawan FORTASI

Lanjutnya, Orari lokal Banjarnegara saat ini sedang bereksperimen dengan LSDR (Landslide Data Recorder) yaitu sebuah alat yang berguna untuk memantau berbagai parameter kondisi tanah di daerah lawan longsor.


Pemasangan LSDR tersebut menggunakan teknologi radio LORA yang dalam pengembanganya memiliki potensi untuk terkoneksi dan dapat mengirim langsung data pengamatan di lapangan ke satelit yang memiliki repeater LORA. 

Selanjutnya data yang  diterima akan diolah oleh server dan dikirim kembali pada Admin Orari lokal Banjarnegara. Dari eksperimen tersebut, memungkinkan alat dapat dipasang di berbagai lokasi tanpa memiliki ketergantungan terhadap listrik PLN maupun koneksi internet.Kegiatan tersebut sudah diprensentasikan pada dirjen SDPPI Kementrian Komunikasi dan mendapatkan dukungan.


Eddy Wahono YC2EDD juga selaku anggota Orari Lokal banyumas dan selaku pembina Fortasi menyatakan Orari Lokal Banjarnegara diakui merupakan salah satu lokal yang menjalankan CORE (COMUNICATION & RESCUE) dan anggota-anggotanya dibawah kepemimpinan Harsono YB2JXC giat melakukan eksperimen  amatir radio  dalam rangka memberikan ruang kepada para amatir radio dalam kegiatan eksperimen yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tekad memajukan ilmu dengan bereksperimen melalui jalur yang diperkenankan  sesuai peraturan perundangan


Sumber : Eddy Wahono

 

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close