CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Desa Dawuhan Padamara Panen Padi Protein Tinggi Dari Varietas Unggul Unsoed

Desa Dawuhan Padamara Panen Padi Protein Tinggi Dari Varietas Unggul Unsoed



BANYUMAS - Panen padi protein tinggi dilaksanakan di Desa Dawuhan, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga (18/9/2020).

Panen padi protein tinggi dari varietas Inpago Unsoed 1 itu dihadiri oleh Ketua Gapoktan Desa Dawuhan Suherman, Ketua Kelompok Karya Utama 1 Sarijan beserta anggota Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) BPP Kecamatan Padamara Puspitaningrum,SP., dan Abdul Kholiq, serta Direktur Produksi dan Kemitraan Teaching Industry Unsoed Muh.Munawar SP.,MP. dan Ketua Tim PKM Berbasis Riset Dyah Susanti, S.P., M.P.

Menurut Ketua Tim PKM Berbasis Riset Unsoed, Dyah Susanti, pada musim tanam tersebut, kondisi lahan kekurangan air serta terganggu oleh adanya serangan hama wereng dan penyakit gosong palsu, namun produktivitas padi yang diperoleh lebih tinggi.

"Hasil ubinan 7,2 ton/Ha, lebih tinggi dari kisaran produktivitas varietas padi yang selama ini ditanam oleh petani setempat yakni produktivitas di lahan petani menggunakan varietas padi lainnya rata-rata hanya sekitar 5 ton per hektar pada musim ini,"katanya di Purwokerto, Sabtu (19/9/2020).

Hal tersebut, lanjut Dyah, menjadikan Kelompok Tani Karya Utama 1 Dawuhan semakin mantap mengembangkan padi-padi yang menghasilkan beras khusus seperti Beras Protein Tinggi bekerja sama dengan Teaching Industry Unsoed.

"Selain hasil panen lebih tinggi daripada varietas lainnya, juga mendapatkan jaminan pembelian dan peningkatan pendapatan karena harga jual gabah padi-padi itu lebih tinggi,"pungkasnya.

Untuk itu, antusiasme kelompok tani Karya Utama 1 untuk terus memproduksi Padi Protein Tinggi secara berkelanjutan, merupakan harapan Program PKM Berbasis Riset guna menginisiasi terbentuknya agroindustri beras khusus berbasis Padi Protein Tinggi yang bersinergi dengan swasta dan perguruan tinggi.

Kerja sama yang sudah terjalin dengan
Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Padamara yang dikoordinasi oleh Endang Fajarini,SP., membuat desa-desa di sekitar Dawuhan yang masuk wilayah binaannya telah mengikuti langkah sukses kelompok tani Karya Utama 1 yaitu menanam padi varietas unggul yang dihasilkan Unsoed bermitra dengan Teaching Industry Unsoed.

Dengan Kesungguhan Gabungan Kelompok Tani, Kelompok Tani, serta BPP itu, Desa Dawuhan diharapkan bisa menjadi sentra produksi Padi Protein Tinggi yang mampu mendukung pengembangan agroindustri secara berkelanjutan dan yang lebih utama mampu meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Agar kisah klasik petani sebagai objek penanggung inflasi yang setiap saat terjadi, tak berulang lagi,"imbuhnya.(Einstein-Unsoed)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment