CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Para Teknisi Dibalik Kesuksesan Pelajaran Jarak Jauh Dengan HT Di MTs Pakis

Para Teknisi Dibalik Kesuksesan Pelajaran Jarak Jauh Dengan HT Di MTs Pakis



Banyumas,  Sejak tanggal 7 Agusustus 2020 lalu, anak-anak siswa Mts Pakis Kampung Pesawahan desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok berseri seri. 

Kegembiraan tampak di wajah anak-anak desa terpencil yang sangat lugu. 

Duduk berkumpul ber empat dalam 5 kelompok menyimak pembicaraan guru pembimbing mereka yang mengajar dari Purwokerto. 

Sesekali mereka berinteraksi dengan menanyàkan sesuatu pada Guru mereka di Purwokerto.


Mereka sudah mulai fasih menggunakan perangkat radio komunikasi atau Handy Talky bantuan 5 unit dari Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. Dan 2 Unit dari Ketua Peradi SAI Banyumas Joko Susanto yang diserahkan pada tanggal 14 agustus 2020 lalu. 

Mengingat selama ini anak-anak itu menggunakan HT pinjaman dari ORARI. 

Menjadi sebuah keprihatinan Wabup Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang akan membantu lagi beberapa HT agar siswa MTs Pakis dapat menjaga jarak atau social distancing sehingga tidak muncul kluster baru penyebaran covid 19.

Selain bantuan HT, bantuan juga datang dari beberapa pejabat Dinas Kabupaten Banyumas yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja & UKM Joko Wiyono berupa alat tulis dan telur untuk meningkatkan Gizi.

Donasi kegiatan MTS Pakis juga datang dari Kadin Perhubungan Banyumas Agus Nur Hadie, 
Kepala BPBD banyumas Titik Puji Astuti, 
anggota DPR RI Wastam serta berbagai pihak yang telah ikut menyalurkan bantuannya melalui Rekening ORARI Lokal Banyumas 723.77.000.1 Bank Syariah Mandiri.

Bukti transfer dikirim pada Whats App Eddy Wahono 081327153555

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh dengan HT atau Komunikasi Belajar Mengajar jarak jauh dengan HT tersebut adalah merupakan Gagasan Komunitas Pers dan Mitra Kerja bersama ORARI Lokal Banyumas yang memiliki beberapa anggota yg hobu di bidang teknik komunikasi radio.


Dibalik kesuksesan berlangsungnya KBM dengan HT  di MTs Pakis yakni ada Arif YC2ELX, praktisi teknik elektro yang juga anggota ORARI lokal Banyumas dengan Tarmono YC2ICK serta Wasirun YC2LDC. 

Dalam wawancara terpisah Arif menjelaskan Site repeater (Radio Pancar Ulang) ORARI Lokal Banyumas terletak di ketinggian 650 Meter dari permukaan laut di desa Karang tengah Cipendok kecamatan Cilongok.

"Dengan menggunakan peralatan seadanya ditambah "controller" hasil rakitan sendiri dengan beberapa perangkat (pesawat radio rig) bekas dapat dihasilkan kualitas pancar-terima yang layak dipergunakan, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar jarak jauh di MTS Pakis," terangnya di Purwokerto, Selasa (18/8/2020). 


Hanya ada beberapa kendala faktor alam lanjut Arif, yaitu berupa petir dan angin sering terjadi di daerah itu, tidak menyurutkan langkahnya di malam hari disertai hujan dan hawa dingin, tim teknis tetap memperbaiki repeater agar komunikasi radio tetap lancar.

Melihat kenyataan tersebut, Ketua Peradi SAI Banyumas Joko Susanto akan membantu perangkat repeater KBM untuk kegiatan tersebut. 

Sementara itu, Eddy Wahono YC2EDD, anggota komunitas pers & mitra kerja yang juga anggota ORARI Lokal Banyumas sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman pers dan mitra kerja bersama ORARI Lokal Banyumas yang telah menghasilkan karya pengabdian dalam hal membantu anak-anak Mts Pakis untuk bisa tetap mengikuti pelajaran dalam masa sulit akibat wabah covid 19 karena kelangkaan signal di daerahnya.

"Ini merupakan sebuah bukti bahwa dengan kita menyatu bersama pasti bisa," ungkapnya. 

Tim monitoring ORARI lokal Banyumas, kata Eddy, akan selalu mengawal dan mendampingi selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar MTs Pakis.(Rama)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment