74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Kwarcab Banyumas Gelar Pramuka Peduli Award 2020


Pramuka Peduli Award Tingkat Ranting 2020

Banyumas, Bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kwartir Cabang Kabupaten Banyumas selalu menggelar kegiatan rutin tahunan yaitu Pramuka Peduli Award tingkat Cabang. 

Mengingat sekarang ada masa Pandemi Covid 19, gelaran tahunan itu dilaksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan hanya menghadirkan 2 narasumber.

Dari 27 Kwartir Ranting (Kwaran) di Kwarcab Banyumas yang telah mengirimkan berkas administrasi sampai batas terakhir tanggal 11 Agustus 2020, Tim Juri berhasil memilih  enam Kwaran yang sudah memenuhi persyaratan menjadi Finalis dan berkewajiban mempresentasikan makalah dihadapan Juri. 

Enam Kwaran finalis tersebut yakni Gumelar, Ajibarang, Pekuncen, Sumpiuh, Tambak dan Somagede.

Wakil Ketua VI Bidang Abdimas Amrin Makruf mengatakan, syarat peserta adalah Kwaran yang mengirimkan laporan berbagai kegiatan Pencegahan Penyebaran Covid 19 yang sudah dilaksanakan di masing - masing wilayah.


"Yang bisa mengikuti kegiatan adalah setiap Kwartir Ranting di Kwartir Cabang Banyumas, baik melalui Bidang, Pramuka Peduli Kwartir Ranting, Dewan Kerja Ranting dan Unit - Unit di Kwartir Ranting,"ungkapnya di Purwokerto, Kamis (13/8/2020). 

Sedangkan Ketua Panitia Pramuka Peduli Award Ari Pringgo Aji sekaligus juri dari unsur Kwartir Cabang Banyumas menjelaskan, untuk kriteria penilaian yaitu mulai proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian dan evaluasi, kemudian inovasi kegiatan, dampak kegiatan, tingkat pertisipasi mitra Pramuka dan masyarakat serta kelengkapan administrasi kegiatan yang meliputi proposal, kepanitiaan, daftar hadir, dokumentasi baik video dan foto, publikasi melalui berbagai macam media) dan presentasi atas laporan yang sudah dibuat.

"Tujuan kegiatan adalah memberikan apresiasi atas upaya Kwartir Ranting yang ikut aktif terlibat membantu Pemerintah dalam hal Penanggulangan Bencana, khususnya Pencegahan Penyebaran Covid-19 19," terangnya. 

Pramuka Peduli Award itu lanjut Ari, yang rutin setiap tahun dilaksanakan, kali ini mengangkat tema "Berbagai Upaya Pramuka dalam Penanggulangan Bencana Pandemi COVID 19" dan hal tersebut selaras dengan Tema Hari Pramuka ke-59.

Untuk juri yang berjumlah tiga orang itu berasal dari Akademisi yaitu Efi Miftah Faridli, M.Pd. Dosen Univ. Muhammadiyah Purwokerto, Unsur Praktisi Kebencanaan yaitu Koordinator Tagana Kabupaten  Banyumas sekaligus Wakil Ketua FK Tagana Jawa Tengah Ady Candra, S.IP serta Unsur Pramuka Peduli Kwarcab Ari Pringgo Aji.

Nantinya, kata Ari, pemenang Pramuka Peduli Award tersebut akan diikutan ke Pramuka Peduli Award Tingkat Kwartir Daerah provinsi Jawa Tengah.

"Pengumuman akan kami umumkan pada saat apel peringatan Hari Pramuka Ke-59 di Halaman Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas 14 Agustus 2020, " imbuh Ari.(Rama) 
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close