74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Kadindik Banyumas Ingatkan Guru Agar Pembelajaran Daring Jangan Terlalu Bebani Siswa


Kadindik Banyumas Di Bimlat Profesional Guru


Banyumas, Pandemik Covid-19 telah menyebabkan ratusan ribu pelajar di Kabupaten Banyumas harus belajar di rumah.

Sementara para guru belum memiliki kurikulum untuk mengajar dari rumah.

Sehingga banyak pendidik yang tiba-tiba jadi “gagap mengajar” karena harus mengubah cara mengajar secara drastis dari tatap muka menjadi cara daring. 

Mengingat belum ada kejelasan tentang kapan persoalan pendemik Covid-19 dapat berakhir.


Karena itu Koordinator Wilayah Kecamatan Dinas Pendidikan (Korwilcam Dindik) Karanglewas khususnya Daerah Binaan 2 (Dabin 2), menggelar kegiatan Bimbingan dan Pelatihan (Bimlat) Profesional Guru Rabu-Jumat (12-14/08/2020).

Hal teserbut dinilainya penting untuk membekali para pendidik dengan pedagogi yang terkait erat dengan pemanfaatan teknologi. 

Bimlat Penggunaan Aplikasi Google dan Penyusunan Bahan Ajar Pembelajaran Daring, bagi guru kelas rendah, kelas tinggi dan guru mata pelajaran tersebut dipusatkan di aula SDN Jipang Korwilcam Dindik Karanglewas, kabupaten Banyumas.

Ketua Panitia Bimlat, Sumarso, S.Pd mengatakan, kegiatan itu diadakan dengan tujuan untuk menambah dan memperlancar kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring), yang sudah biasa dilaksanakan di lingkungan pendidikan di situasi Work From Office (WFO) saat ini. 

Bimlat tersebut diikuti oleh 44 guru yang terdiri dari 4 orang perwakilan dari 11 sekolah dan dilaksanakan dengan protokoler lengkap sesuai standard World Healt Organisastion ( WHO ).

“Ada 5 materi dalam bimlat ini yaitu Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Banyumas, Ibu Irawati,SE, Materi ke 2 dan 3 adalah Pembuatan Video Pembelajaran oleh Risdianto Hermawan, M.Pd dan Google Class room Yutube Streaming oleh Ilham Nur Ramli, S.Pd, " jelas Sumarso, Kamis (13/08/2020).

Sedangkan materi ke 4 dan 5, lanjut Sumarso adalah Penyusunan Modul Pembelajaran oleh Tugiono, M.Pd dan Materi Google Form oleh anggota guru penggerak Indah Susanti, S.Pd.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) kabupaten Banyumas, Irawati, SE, menegaskan Pembelajaran di Kabupaten Banyumas masih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring, belum tatap muka. 

Namun Irawati juga mewanti – wanti, pembelajaran daring, jangan terlalu membebani anak atau siswa.

“Titik beratkan pembelajaran karakter pada siswa agar hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Sedangkan Koordinator Korwilcam Dindik Karanglewas, Panji Agus Triharso, S.Pd. M.Pd menyambut baik kegiatan Bimlat itu. Karena selain bisa menambah ketrampilan guru dalam pembelajaran daring.

"Semoga para guru bisa memanfaatkan Bimlat yang dengan sebaik - baiknya, untuk menambah ilmu dalam mengajar daring," harapnya.

Sedangkan Salah satu peserta Bimlat, Solihin, S.Pd, Kepala SDN Cibun, mengaku senang dan setuju sekali terhadap kegiatan tersebut. Karena dengan bimlat sangat membantu guru dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat pandemi covid 19.

"Bimbingan dan pelatihan ini meningkatkan ketrampilan dalam bidang Informasi Computer dan Teknology (ICT). Sehingga guru dapat meningkatkan dan mengefektifkan waktu dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), di saat guru tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung dengan siswa," ungkapnya.(Rama)
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close