CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Si Jago Merah Lalap Lima Rumah Di Purwokerto, PMI Turunkan Bantuan Sembako

Si Jago Merah Lalap Lima Rumah Di Purwokerto, PMI Turunkan Bantuan Sembako


BANYUMAS - PMI Kabupaten Banyumas bertindak cepat melakukan kegiatan kemanusiaan untuk membantu korban kebakaran rumah di Komplek Pancurawis Gang Kenanga RT 2 RW 9 Kelurahan Purwokerto Kidul Kecamatan Purwokerto Selatan, Sabtu (25/07/2020) menghanguskan lima rumah milik Suratman, Taryono Tirkam, Suwarno, Rumini, dan Sayuti.

Ketua PMI Kecamatan Purwokerto Selatan, Windu Supomo mengatakan, peristiwa kebakaran diketahui sekitar pukul 03.30 WIB peristiwa awalnya diketahui Jumirah (29) anak Taryono yang melihat rumah Rumini sudah terbakar.

“Saat itu Jumirah mendengar suara seperti benda terbakar di luar rumahnya. Mendengar itu ia keluar rumah dan mengecek ternyata rumah tetangganya Rumini sudah terbakar,” kata Windu.

Melihat hal itu, Jumirah membangunkan ayahnya Taryono, langsung mengecek dan ternyata benar terjadi kebakaran. Taryono berteriak meminta pertolongan warga sekitar. Warga yang mendengar teriakan kebakaran segera melakukan pertolongan memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun usaha warga mengalami kesulitan. Rumah yang berada di wilayah tersebut sebagian terbuat dari kayu membuat api semakin cepat merambat. Tak butuh waktu lama, api merambat dan membakar lima rumah.

Sedang sumber dari BPBD Banyumas dalam rilis yang di dikirimkan menyebutkan, Api diduga berasal dari rumah Ibu Rumini yang ditinggalkan karena sedang membantu masak dirumah Bapak Sayuti (pemilik rumah ke 5) dan rumah Ibu Rumini menggunakan penerangan dari teplok. Api dapat dipadamkan setelah Damkar Purwokerto datang 4 mobil, api padam pukul 5 pagi.

"Api baru bisa dijinakkan saat empat armada pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api sekitar pukul 05.00 pagi. Namun lima bangunan rumah ludes terbakar," Kata Sumber BPBD Banyumas.

Sedang Ketua PMI Kabupaten Banyumas Dibyo Yuwono, setelah mendapat laporan melalui WA Grup PMI pagi tadi segera mengintruksikan kepada Kepala Markas PMI agar segera menyerahkan bantuan kepada lima kepala keluarga yang rumahnya dilalap jago merah Sabtu dini hari. Lima rumah tersebut adalah milik Suratman (40), Taryono (63), Suwarno (50), Rumini (70), dan Sayuti (70).

“Jadi PMI memberikan bantuan untuk memastikan kebutuhan sehari-sehari para korban. Berupa bahan makanan seperti beras, mie instan, sarden, kecap, minyak, gula pasir, susu, kopi dan teh untuk masing-masing kepala keluarga," kata Dibyo.(*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment