CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Isi Waktu Akibat Covid19 Di Bulan Ramadhan, Pemuda Ini Hasilkan Pipa Udud Dengan Alat Seadanya.

Isi Waktu Akibat Covid19 Di Bulan Ramadhan, Pemuda Ini Hasilkan Pipa Udud Dengan Alat Seadanya.


Salah satu pipa udud hasil polesan Cokro yang dikerjakan dengan bor listrik saat bekerja dirumah akibat Covid19. ( FOTO : dokpri)
BANYUMAS - Masa covid19 yang masih berlangsung hingga memasuki bukan Ramadhan 1441 H memang sangat terasa dampaknya dalam melakukan Ibadah. Kegiatan Trawaih di masjid dan Musholla yang biasanya ramai kini telah sementara sirna. Hal ini atas himbauan pemerintah guna memutus penyebaran Covid19.

Namun apakah aktivitas anda juga terganggu? terutama dalam menjalankan pekerjaan? banyak diantara masyarakat menuruti himbauan pemerintah. Lantas apa yang harus dilakukan dirumah ketika sosialisasi bekerja dirumah harus dijalankan.

Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan adalah membuat pipa rokok dari kayu, terutama kayu Galih Asem, atau Secang. kegiatan hoby bisa dilakukan ketika waktu senggang sembari menunggu beduk maghrib.

Adalah Cokro warga tinggarjaya, Jatilawang, seorang yang kesehariannya adalah menulis dan ngoprek web. Bermodalkan alat sederhana berupa bor listrik, cokro merubahnya menjadi alat pembuat pipa rokok.

Menurut cokro, ide tersebut muncul ketika mulai banyak waktu luang dirumah akibat Covid19. Mulannya Cokro sering membeli pipa rokok secara online, dari situlah timbul niatan untuk membuat sendiri.

Bor listrik yang telah disiapkan mata bornya diganti dengan alat poles yang biasa untuk poles mobil. Hanya saja untuk alatnya di lapisi dengan amplas kasar. Sebelum di bentuk menjadi pipa rokok, Cokro membentuk pola terlebih dahulu, kemudian membuat lubang rokok dari kedua sisi kayunya.

"Ini hanyalah sebuah kesenangan yang menghasilkan, dari hasil buatannya, temen temen dekat kadang membeli dengan harga "Seni", artinya hasil karyanya tidak dipatok harga, jadi saya berikan mulai dari gratis hingga dapat ongkos bikinnya,katanya.

Sejumlah pipa udud telah Cokro buat, diantaranya dari tanduk rusa, kayu galih asem, kayu asem bali gading tiruan, kayu secang, kayu nagasari, dan batu akik black opal.

"Kal harus bekerja dari rumah terus mumet mas, makanya saya isi dengan kegiatan yang sifatnya hobi."Pungkasnya.(*)

#piparokok #banyumas #jatilawang #galihasem #covid19 #dirumahaja

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.