74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Pramuka Sumpiuh Bersihkan Sampah Tahun Baru

Pramuka Sumpiuh Bersihkan Sampah Tahun Baru

BANYUMAS - Taman kota Sumpiuh sudah menjadi ikon kota kecamatan di Wilayah Banyumas Timur, sehingga banyak warga yang berkunjung di taman ini khususnya pada Malam Tahun Baru 2020. Banyaknya warga yang berkunjung sedikit banyak meninggalkan sampah. Melihat hal tersebut  Pramuka Sumpiuh mengadakan bersih sampah (01/01/2020) di Taman Kota Sumpiuh. Kegiatan diikuti oleh Pramuka Penggalang dan Penegak Se Kwartir Ranting Sumpiuh  di sekitar taman kota.

Ketua Pramuka Peduli Kwarran Sumpiuh Dwi Rachmawanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk kembali membuat taman kota menjadi bersih dari sampah sehingga terlihat indah. Kemudian menanamkan pola hidup bersih dan sehat pada anak anak Pramuka agar mereka tidak membuang sampah sembarangan.

"Selanjutnya mewujudkan isi  dari pada Dhasa Dharma dan juga bakti pramuka kepada masyarakat bahwa Pramuka selalu ada dan benar bena berguna bagi masyarakat dan berguna bagi semua," katanya

Hadir pula Ketua Kwartir Ranting Sumpiuh Siti Nur Hasanah. Dia menyambut baik kegiatan yang diprakarsai oleh Pramuka peduli.

"Kita mengawao tahun 2020 dengan kegiatan yang positif, semoga ini menjadi awal yang baik  untuk Pramuka Sumpiuh menjadi lebih baik," katanya

Ketua Kwarran juga berpesan agar masyarakat sadar akan lingkungan, sehingg mau membuang sampah pada tempatnya. Meski Pramuka selalu tampil untuk peduli membersihkan bukan berarti masyarakat berbuat yang kontra produktif.

Menurutnya kegiatan juga bertujuan untuk  menunjukan bahwa  pramuka selalu bisa berbaur dengan masyarakat dan alam, Pramuka selalu bisa bersatu dengan masyarakat dengan keteladanan, Pramuka yang selalu mengamalkan Tri Satya dan menepati Dhasa Dharma.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengamalan dari Dhasa Dhama yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia" tambahnya

Kak Nur berharap kegiatan dapat digunakan sebagai sarana membangun kerjasama untuk membersihkan taman kota dan sekitarnya.(*)

Ridho Islami Achmadi
close
close