CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kampung Siaga Bencana Kecamatan Sirampog

Kampung Siaga Bencana Kecamatan Sirampog



sumber foto: adi candra
BREBES - Kementrian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Kab. Brebes membentuk Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Sirampog mulai tanggal 4 - 6 November 2019. Pengurus KSB "Pringgondani" Kec. Sirampog berasal dari sejumlah elemen Relawan, Perangkat Desa dan Masyarakat dari Desa Sridadi, Desa Batursari dan Desa Mandala.

Proses pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) melalui 3 Tahapan yakni Penyuluhan, Pelatihan dan Simulasi. Untuk Peserta kegiatan Penyuluhan berasal dari unsur Forkompincam Sirampog, Perangkat Desa, masyarakat dan Relawan/Komunitas dari Desa Sridadi, Desa Batursari dan Desa Mandala.

Camat Sirampog mewakili Bupati Brebes, membuka acara secara resmi pada hari Senin, 4 November 2019. Hadir pada Upacara Pembukaan DANRAMIL Sirampog, KAPOLSEK Sirampog, Kades Sridadi, Kades Batursari dan Kades Mandala.

Kegiatan hari pertama Penyuluhan dari BPBD Kab. Brebes, Psikolog dan TAGANA Kab. Brebes yang memberikan pembekalan berupa Manajemen Bencana, Psikososial Korban Bencana, Manajemen Shelter dan Management Logistik. Kegiatan selesai pukul 16.00 WIB.

Hari Kedua (5/11) dilaksanakan Pelatihan bagi Calon Pengurus Kampung Siaga Bencana "Pringgondani" Kec. Sirampog. Materi yang disampaikan adalah Manajemen KSB dari Kementrian Sosial dan Penguatan Kelembagaan KSB oleh Dinas Sosial Prov. Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan materi Teknik Evakuasi Korban, Teknik Pertolongan Pertama dan Pendampingan Psikososial Korban Bencana oleh FK TAGANA Jateng, materi Pengelolaan Shelter, Dapur Umum dan Logistik oleh TAGANA Madya Kab. Brebes. Serta sore harinya dilaksnakan Gladi Simulasi Bencana.

Hari Ketiga (6/11) dilaksanakan Simulasi Penanganan Bencana Tanah Longsor, sekaligus Pengukuhan Kampung Siaga Bencana "Pringgondani" oleh Bupati Brebes yang dalam hal ini diwakili oleh staf Ahli Bidang KESRA Drs. Masfuri, M.Si.

Hadir sekaligus memberikan Laporan pada Acara Pengukuhan Kabid LINJAMSOS Dinas Sosial Prov. Jateng Sarjimo, SH., MH. Sambutan selamat Datang oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Brebes Drs. Khambali, MH. Memberikan sambutan sekaligus arahan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Drs. Rachmat Kusnadi, M.Si.

Simulasi berjalan dengan lancar dimana seluruh materi yang telah disampaikan dibuktikan dengan Praktek Simulasi di lapangan.(*)

sumber : adi tagana banyumas

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment