74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark
"/>

Aksi Donor Darah Karangtaruna Pangebatan Kumpulkan 34 Kantong

Aksi Donor Darah Karangtaruna Pangebatan Kumpulkan 34 Kantong 


Banyumas -Aksi donor darah Karangtaruna Kamandaka 2 Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas berhasil mengumpulkan 34 kantong darah. Kegiatan yang digelar Minggu malam, (29/7/2019) di Aula Balai Desa setempat mendapat tanggapan positif dari warga.

Ketua Karangtaruna selaku koordinator donor darah sukarela Desa Pangebatan Irawan Endy Pratama mengatakan aksi donor darah merupakan kegiatan rutin 3 bulanan kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyumas.

“Kegiatan berlangsung mulai pukul 19.30 warga sudah berdatangan untuk ikut mendonorkan darahnya, sampai Pukul 22.15 tercatat ada 47 orang yang datang untuk donor darah,” katanya.

Menurut dia, jumlah ini tergolong stabil dengan perolehan sebelumnya yang mencapai 36 kantong darah. Namun perolehan pada tahun ini sudah cukup meningkat, dibandingkan dengan tahun lalu dengan rata – rata perolehan 25 kantong darah setiap penyelenggaraan.

Kegiatan rutin donor darah ini pun sudah rutin dilaksanakan selama 2 tahun terakhir dan menjadi komitmen dari Karangtaruna Kamandaka 2 dalam program sosialnya.

“Sebetulnya banyak yang daftar, ada 47 orang pendaftar, namun ada beberapa orang yang gagal seleksi karena tidak memenuhi syarat kualifikasi yang telah ditentukan oleh PMI,” ujar Dita Septia Anggraeni salah satu panitia penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Dita juga mengajak masyarakat untuk ikut mendonorkan darahnya di Balai Desa Pangebatan pada pelaksanaan donor darah selanjutnya. Menurutnya, 1 kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa.

“Informasi dari PMI, satu kantong darah itu dapat menyelamatkan tiga nyawa karena pasokan darah dapat dipecah menjadi tiga komponen yaitu sel darah merah, plasma dan trombosit. Jadi akan banyak sekali nyawa yang tertolong dan banyak masyarakat yang tersenyum kembali dari kesedihan tentunya”, tambahnya.

Kegiatan karangtaruna mendapat sambutan positif dari warga, karang taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan memang harus sering mengadakan aksi sosial.

"Kalau saya pribadi menyambut baik, apalagi saya merupakan pendonor rutin. Jadi karangtaruna harus sering-sering mengadakan kegiatan yang mengedepankan sosialnya," ujar Ilham (23 tahun) salah satu pendonor.

parsito.
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close