74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Bupati Banyumas Lantik 257 Kades

Bupati Banyumas Lantik 257 Kades


Purwokerto-Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melantik 257 kepala desa (kades) Rabu (31/7/2019) sore di Sasana Krida Komplek GOR Satria Purwokerto. Usai dilantik Bupati meminta kades segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) karena hal ini penting agar perencanaan pembangunan di desa bisa berjalan efektif.

“Setelah pelantikan ini maksimal tiga bulan kepala desa harus sudah menyusun RPJMDes, itu tugas pertama kades terpilih,” tegas Bupati.


Menurutnya RPJM Desa ini sangat penting untuk menentukan arah pembangunan desa ke depan, sekaligus sebagai alat kontrol dari masyarakat terhadap kinerja kades terpilih. Bupati juga berpesan, agar para kades terpilih merangkul para calon kades lainnya, demi menjaga kondusivitas desa. Terlebih jika mereka juga mempunyai program dan pemikiran yang brilian, maka bisa bersinergi untuk bersama-sama membangun desa.

“Ajaklah calon kepala desa dan pendukungnya, terlibat dalam pemerintahan, agar suasana kondusif di desa terjalin dengan baik,” lanjut Bupati


Pada kesempatan tersebut, Achmad Husein juga menitipkan masalah sampah, supaya mendapat perhatian serius dari para kades. Menurutnya, tak hanya wilayah perkotaan, yang ikut menyumbang sampah tetapi juga wilayah pedesaan. Kades diminta untuk memperlajari penanganan sampah yang sudah diterapkan di Banyumas dan melakukan inovasi untuk penuntasan masalah sampah di desa masing-masing.


“Saya ucapkan selamat kepada kades terpilih, kegembiraan perayaan boleh saja, tetapi tugas dan tanggung jawab besar sudah menanti di depan,” pesannya.

Pelantikan ratusan kades ini ditandai dengan pengambilan sumpah bersama, penandatanganan berita acara, penyematan tanda jabatan dan penyerahan SK jabatan, satu per satu kepada kades.

Dari 257 kades terpilih, 18 di antaranya merupakan kades perempuan. Sedangkan untuk kades termuda, yaitu Kades Jompo Kulon Kecamatan Sokaraja Finita Trisela R, SH dan Kades Jingkang, Kecamatan Ajibarang, Edi Riyanto keduanya berusia 26 tahun. Sedangkan kades tertua, Adis Hadi Suwignyo berusia 75 tahun dan merupakan Kades Notog, Kecamatan Patikraja.

Parsito
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close