CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Program Gerakan Masyarakat Sehat Depkes

Program Gerakan Masyarakat Sehat Depkes

Wangin-Jakarta-Menteri Kesehatan Nila Moeloek, mengatakan, pentingnya meningkatkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular. Hal ini dirasa penting mengingat kasus kematian tertinggi di Indonesia masih seputar jantung, diabetes dan stroke.

"Perubahan perilaku hidup, seperti pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, merokok, dan lain-lain yang menjadi dasar penyebab PTM," kata Menkes saat ditemui di Kuningan, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) misalnya, merupakan upaya promotif dan preventif yang akan mengajak masyarakat secara menyeluruh untuk ikut hidup sehat. Ia menjelaskan bahwa upaya ini memiliki beberapa tujuan khusus, seperti:

1. Intervensi gizi 1000 hari pertama kehidupan

2. Memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang untuk seluruh keluarga

3. Meningkatkan aktivitas fisik lebih teratur dan terukur

4. Meningkatkan pola hidup sehat

5. Meningkatkan lingkungan sehat

6. Mengurangi konsumsi rokok dan alkohol

7. Mengelola stres.

Gerakan yang diprakarsai juga oleh bapak wakil presiden Jusuf Kalla dan disusun oleh Bappenas bersama Kemenkes dan lintas sektor terkait ini, rencananya akan disusun melalui Instruksi Presiden (Inpres) dan akan diluncurkan tahun depan.

"Kami berharap agar kedepannya inisiasi gerakan ini dapat diselaraskan sampai ke pelosok daerah melalui kepemimpinan para Bupati," ujarnya.

Gerakan ini akan dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), ujar Menkes.

Kebijakan lainnya adalah Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga, dilaksanakan oleh Puskesmas yang mempunyai ciri:

1) Sasaran utama adalah Keluarga

2) Diutamakan Promotif dan Preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM)

3) Kunjungan rumah secara aktif untuk peningkatan outreach dan total coverage

4) Pendekatan siklus kehidupan atau life cycle approach.

Lebih lanjut, Menkes mengharapkan dukungan stakeholder lintas sektor di daerah untuk dapat menyukseskan GERMAS dan Keluarga Sehat. Menkes juga menyerukan kepada Dinas Kesehatan selaku penanggung jawab dan koordinator penyelenggara pembangunan kesehatan di daerahnya masing-masing agar dalam proses mekanisme pembangunan, dapat lebih menekankan pada kegiatan-kegiatan promotif dan preventif. 

Sumber:liputan6.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment