CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PertaniWangon Gelar Lomba Makanan Berbahan Umbi Umbian

PertaniWangon Gelar Lomba Makanan Berbahan Umbi Umbian

Wangon,Banyumas-Lomba asah terampil antar Gabungan Kelompok Tani Wangon berlangsung di Aula Kecamatan Wangon (24/8/16). Dalam event tersebut juga dintampilkan lomba membuat makanan lokal berbahan dasar umbi yang di ikuti Kelompok wanita Tani (KWT) Wanngon.

Dari Gapoktan di ikuti  12 kelompok  desa, sedang untuk kelompok wanita tani sebanyak 23 kelompok .Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan, dan Kehutanan Setio Daryoto bahwa kelompok yang mendapat predikat terbaik  akan di ikutkan dalam tingkat Kabupaten pada bulan Oktober.
Selain itu Kepala Setio Daryoto juga mengungkapkan,"Acara ini seperti ini adalah bentuk  Pengembangan dari  tanaman holtikultura, mendukung pertanian agar para petani sejahtera."

Persatuan Wanita Tani (Perwati) Banyumas yang turut mendukung para wanita tani mengatakan bahwa untuk Perwati  se Indonesia baru ada di banyumad Banyumas yaitu sebanyak 189 kelompok dari 301 desa.
Tujuan dari lomba asah terampil ini menurut Sumarsono,SP Koordinator Penyuluh pada Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan kec.Wangon (BP3K) adalah sebuah metode penyuluhan pertanian dgn pendekatan massal utk mencapai tingkat sadar dan minat pd adopsi inovasi di bidang BP3K.

"Ini adalah metode penyuluhan pertanian dengan sasaran yang bersifat massal, agar tahapan Inovasi Adopsi berupa munculnya kesadaran petani dan pelaku usaha bidang pertanian semakin terampil." Tambah Sumarsono.

Sementara itu Kepala Bidang Pertahanan Pangan Banyumas menyambut baik kegiatan ini ,terlebih Banyumas juga punya prestasi mewakili Jawa Tengah dalam lomba B2SA Nasional di Palembang pada tahun 2015.
Hal ini juga berkaitan erat dengan hari pangan sedunia. Sedang untuk tingkat Nasional akan di adakan di Boyolali pada bulan Nopember. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.