CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pawai Ta'aruf Sambut Tahun Baru Islam

Pawai Ta'aruf Sambut Tahun Baru Islam

BANYUMAS : Umat muslim seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru Hijriyah 1437, yang akan jatuh pada tanggal 13 Oktober 2015 besok sore. Untuk menyambut tahun baru ini, Pemerintah Kabupaten bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas akan mengadakan berbagai kegiatan.
Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol, Wakhyono, SIP mengatakan, kegiatan dimulai jam 09.00 pagi Selasa (13/10) Bupati Banyumas dijadwalkan bersilaturahmi dan menerima kembali Haji Tahun 2015 yang sudah kembali ke Kabupaten Banyumas. Setelah sholat Dzuhur akan dilaksanakan sholat minta hujan atau disebut juga sholat istisqa' untuk memohon atau meminta hujan. “Sholat ini dikerjakan karena di Banyumas sudah lama tidak ada hujan turun dan sangat mengharapkan air hujan, dan kekeringan sudah meluas” kata Wahyono
Usai sholat istisqa' akan dilaksanakan Semaan Al Quran yang dilaksanakan di Pendopo Sipanji sampai menjelang Sholat Maghrib. Kemudian dilanjutkan doa akhir tahun dan awal tahun.
Puncak kegiatan adalah pawai dan taaruf yang akan dilaksanakan setelah sholat Isya rencananya akan diikuti oleh santriwan dan santriwati pondok pesantren dan Taman pendidikan Al Qur’an, Siswa/siswi MTS dan MA Se Banyumas, SMA Negeri Se Eks Kotip Purwokerto akan dilepas oleh Bupati Banyumas di Alun-alun Purwokerto akan berkeliling kota Purwokerto dengan berjalan kaki. Route yang akan dilewati adalah Alun-alun-Jalan Jenderal Sudirman-Jl Merdeka-Jl Gatot Subroto-Jl. Masjid dan kembali ke Alun-alun.
Drumband dari SMA Muhamadyah Purwokerto dan MTS Sokaraja, serta mahasiswa UMP dan IAIN Purwokerto akan turut meramaikan kegiatan.
Wahyono melanjutkan bahwa selama kepemimpinan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein peringatan tahun baru islam dijadikan alat pemersatu dan forum silaturahmi antar umat Islam se-Banyumas sekaligus sebagai syiar agama Islam. “Sudah dua kali dilaksanakan, tahun ini merupakan kegiatan tahun baru dan pawai taaruf yang ketiga” tambahnya (str)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.