CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemerintah Di harapkan Segera Pasang Peringatan Dini Tsunami

Pemerintah Di harapkan Segera Pasang Peringatan Dini Tsunami


Yogyakarta-Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pemerintah setempat memasang alat sistem peringatan dini tsunami di wilayah pesisir selatan.

Kepala BMKG DIY, Tony Agus Wijaya mengatakan, di wilayah DIY baru ada dua sistem peringatan dini tsunami (InaTEWS-Indonesia Tsunawi Early Warning System) yang dipasang di Pantai Parangtritis Bantul sekitar tiga tahun lalu, dan Pantai Glagah, Kulon Progo yang baru saja selesai.

"Pemilihan ini bukan berdasarkan kerawanan daerah terhadap bencana, tetapi sebagai percontohan yang dipilih oleh BMKG Pusat. Kami berharap Pemda DIY bisa mengembangkan di sepanjang pantai selatan yang memiliki potensi tsunami," kata Tony dalam sosialisasi Sirine InaTEWS di Joglo Pantai Glagah, Kamis (17/9/2015).

Ia mengatakan, pemasangan alat peringatan dini tsunami terus dilakukan penambahan setiap tahunnya. Hal ini merupakan bentuk kesiapsiagaan bencana di Indonesia, dengan cara memasang sirine peringatan dini yang mengharuskan warga untuk mengevakasi diri saat terjadi gempa bumi.

Pantai selatan, kata Tony, memiliki potensi tsunami yang sangat tinggi. Bukan untuk membuat takut, tetapi tujuannya adalah untuk membuat kita lebih siap dan lebih tangguh. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terhadap bencana tsunami.

"Meski tidak berharap terjadi tsunami, namun jika benar-benar terjadi masyarakat sudah siap," tutur Tony Agus. *Ant

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.