CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sedekah Bumi, Satukan Warga Jurang Bahas Wangon.

Sedekah Bumi, Satukan Warga Jurang Bahas Wangon.

Wangon,(24/8/15):Kegiatan adat yang sudah turun temurun sehjak nenek moyang yaitu Sedekah Bumi (24/4) berlangsung di Desa Jurang Bahas, Wangon ,Banyumas. Acara tersebut berlangsung di pendopo Balai Desa Jurang Bahas.Hampir seluruh warga begitu antusias mengikuti acara tersebut.

Menurut Natim Kepala Desa Jurang Bahas mengatakan bahwa,"Acara ini merupakan adat istiadat yang sudah turun temurun sejak desa ini ada, tidak tahu pastinya kapan dan asal muasalnya, namun ini adalah sebagai bentuk rasa syukur warga desa terhadap hasil bumi yangi hasilkan."

Acara juga di hadiri  para anggota Muspika Kecamatan Wangon, seperti Camat Wangon Sujarwoto,SH, Kapolsek Wangon AKP Supriyanto dan juga tampak hadir perwakilan dari PLN Wangon yangsempat memberikan sosialisasi tentang SUTT PLN kepda Camat. Dalam sambutannya Sujarwoto berpesan agar didalam menjalankan warisan dan budaya adat istiadat Sedekah Bumi tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

Di lain pihak, Nastam salah seorang warga ketika di tanya tentang sedekah bumi mengatakan," Kami selalu bersyukur kepada sang Pencipta bahwa hasil bumi didesa kami selalu berlimpah, dan semua yang disedekahkan merupakan hasil kerja keras warga, seperti petai,jengkol, sayuran, dan yang merupakan menu wajibadalah kacang goreng dan kedelai hitam."

Tiap warga membawa masakan yang di tempatkan dalm wadah berupa tenongan, lalu setelah di adakan doa bersama seluruh warga dan undangan lainnya makan bersama duduk di lesehan. (ck)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar