74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Jika Pemerintah Salah Menetapkan Hari Raya, Ini yang Terjadi Menurut Pengikut Sunnah

Foto : Wati For CTV Indonesia

CTVINDONESIA
- Beberapa kali di Indonesia terjadi perbedaan waktu hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha, namun hanya perbedaan yang penuh damailah Indonesia tempatnya.


Idul Fitri 2022 pelaksaan Sholat Ied terjadi secara waktu yang bersamaan baik dari tanggal, hari dan tahun. Namun untuk Idul Adha 2022 kembali terjadi lain hari.


Dikutip CTV.co.id dari @pengikutsunnah dari muslimbox, Sabtu pagi (10/7/2022) disebutkan cara menyikapi perbedaan penentuan hari besar Islam oleh pemerintah.


Foto : @pengikut.sunnah

Dijelaskan jika pemerintah salah dalam menentukan hari raya agar kembali kepada Sunnah Rasul. Sebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Bukhari bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda tentang para penguasa.


"Sholatlah bersama mereka, jika mereka benar, maka (pahalanya) untuk Kalian dan Mereka, namun jika mereka salah pahalanya untuk Kalian (dan) dosanya untuk Mereka".


Dari hadist tersebut jika itu kesalahan dan kelalaian pemerintah, maka tidak ditanggung kaum Muslimin yang tidak melakukan kesalahan atau kelalaian.


Dari perbedaan tersebut, beberapa komentar bijak pun bermunculan. Seperti yang dilansir grup Pers dan Mitra


@sadewo menyebutkan,"Orang bijak akan menerima perbedaan, saling menghormati dan hidup berdampingan dengan mereka yamg memiliki pemikiran berbeda , Selamat Idul Adha Mohon maaaf lahir dan bathin."


Sedangkan @heristaffpidumengatakan,"Maka laksanakan apa yang Kamu yakini, jika Kamu ragu akan suatu hal, mka carilah ilmu atau sumber agar kamu yakin dan memahaminya".***



Editor : Rosi Valentino




 

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close