74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Cegah Covid-19 Kini Tidak Hanya Pemerintah, di Pasirwetan Fortasi Bantu Semprot Disinfektan

FOTO : Dok. Fortasi

BANYUMAS - Tidak hanya pemerintah,  akhir pekan dimasa pandemi Covid-19 dimanfaatkan warga kelompok forum relawan lintas organisasi (FORTASI) untuk semprot disinfektan, Minggu (22/8/2021).


Kegiatan FORTASI (Forum Relawan Lintas Organisasi) sejumlah 30 orang terdiri dari  Serayu Rescue, MDMC, Satria Reptil Banyumas, Mahasiswa KKN Unsoed, UNU KKN Purwokerto, Linmas , Banser, Relawan ODGJ Banyumas, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Perangkat Desa Pasir Wetan.


Kelompok ink elakukan penyemprotan masal didaerah Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas. Mulai dari Balai Desa Pasir Wetan, Grumbul Karangduren, Grumbul Pekuncen, Grumbul Suka Damai, Grumbul Karanganyar dan Grumbul Sokawera.


Untuk mempercepat proses penyemprotan disinfektan sebanyak 30 orang tersebut membagi menjadi 3 tim. Sehingga siang hari sudah selesai pencegahan penyebaran Covid-19.


Pembina Fortasi, Eddy Wahono yang gencar menekan pencegahan pandemi Covid-19 menjelaskan tujuan dilaksanakannya penyemprotan didaerah Pasir Wetan karena dianggal wilayah Desa Karanglewas masuk Zona Merah. 


"Karanglewas dianggap zona merah,  ditandai dengan kenaikkan angka penderita Covid-19 yang mencapai 26 orang terkonfirmasi positif, "katanya.


Menurutnya, peran serta masyarakat terutama kelompok sosial kini harus menjadi garda terdepan dalam menekan laju Covid-19. "Terbukti semakin ada peran warga Kanglewas  mengalami penurunan , pada hari ini menurun yang terkonfirmasi positif sebanyak  16 orang,"terang Eddy.


Ditambahkan ketua Fortasi  Sudjadmiko menjelaskan kegiatan kemanusiaan khususnya dalam penanggulangan Wabah Covid 19 Untuk penyemprotan masal juga telah kami laksanakan diwilayah desa-desa di kecamatan  Rawalo dan Sumpiuh.


"Bila masyarakat seperti kami juga gencar menjaga prokes dan pencegahan, peran dinas khususnya BPBD Banyumas dan PMI, TNI serta POLRI pasti mendukung,"katanya.


Sujatmiko juga mengatakan , "Fortasi juga mempunyai team Relawan khusus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)."di Desa Karangsari, Karanglewas beberapa waktu lalu tanggal 18 Agustus 2021 juga telah mengevakuasi satu warga yang terkena gangguan jiwa ke rumah sakit umum Banyumas untuk dirawat karena meresahkan warga."terangnya.


Kepala Desa Pasir Wetan Indriyani mengaku bangga adanya peran warga di wilayahnya. "Pemdes  berterimakasih untuk peran masyarakat khususnya Forum Relawan Lintas Organisasi yang selalu menjadi pelopor kegiatan kemanusiaan diwilayah Banyumas,"katanya.


Menurutnya, peran Keterpaduan lintas dinas dan masyarakat yang menyatu diharapkan dapat mengurangi merebaknya wabah Covid-19 diwilayah kecamatan Karanglewas khususnya Desa Pasir Wetan. Serta dapat memberikan pengertian secara langsung pada masyarakat untuk melaksanakan prokes sehingga penurunan dampak wabah covid-19 dapat tercapai.


"Mari kita sama sama berperan menanggulangi wabah Covid-19, dan pemerintah desa seperi kami tentu sangat terbantu juga,"pungkas Indriyani.(*)


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close