74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Ini Pramuka Banyumas Peraih Lencana Teladan Kwarnas, Siapa Dia ?

Pratiwi Pramuka Penggalang Banyumas Yang Mendapatkan Lencana Teladan.(FOTO : Parsito)

BANYUMAS - Peringatan Hari Pramuka ke 60 menjadi luar biasa bagi Pratiwi Rahmadiana Penggalang SMP Negeri 8 Purwokerto. Ia menerima Tanda Penghargaan Lencana Teladan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

Penyematan Lencana Teladan tersebut dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Majelis Pembimbing Cabang pada upacara Hari Pramuka ke 60 di GOR Satria Purwokerto beberapa waktu lalu.

Tiwi yang lahir di Banyumas, 18 Februari 2006 dan beralamat di Perum GTSI Jl. Cempedak F4/2 RT 04/RW 06 Bojongsari, Kembaran, memang terbilang senang dengan kegiatan Pramuka. Sehingga ia mendapat kepercayaan menjadi Pratama Putri. Karena jabatan tersebut membuat semangatnya untuk meraih tingkatan tertinggi hingga Pramuka Garuda.

"Saya merasa selama saya mengikuti kegiatan Pramuka hingga saya menjadi Pramuka Garuda memberikan pengaruh yang sangat besar bagi diri saya yaitu saya lebih percaya diri, disiplin waktu, menjadi pribadi yang aktif dan kreatif, bertemu dengan orang-orang baru dan mendapat banyak pengalaman," katanya.

Putri dari Wahyu Prasetia Budirahayu yang mempunyai cita-cita menjadi seorang dokter itupun tidak cukup sampai tingkatan pramuka garuda saja. Sehingga saat berkesempatan untuk mengikuti Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi ia terpilih menjadi yang terbaik di Kwarcab Banyumas dan berlanjut hingga tingkat Kwarda Jawa Tengah ia menjadi Pramuka Garuda Berprestasi terbaik kedua Tingkat Kwarda Jateng.


Remaja yang memiliki suka makanan favorit nasi padang dan minuman favorit green tea ini tak terlalu meninggalkan pelajaran."Meski tidak yang terbaik, tetapi bisa bertahan di atas rata-rata kelas," jelasnya.

Ini pula yang mengantarkan ia meraih Lencana Teladan. Sebagaimana diketahui, Lencana Teladan merupakan salah satu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka mulai Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. 

Mereka adalah yang telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggung jawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan serta akhlak yang luhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.

Banyak hobi yang dimiliki antara membaca, menyanyi, mendengarkan musik, menonton film dan berolahraga badminton. Menurutnya orang sukses itu ada pada pikiran.

"Ubah pikiranmu dan kau dapat mengubah duniamu," katanya mantap

Ia meyakini bahwa melalui pendidikan dan pelatihan Pramuka bisa menjadi sarana untuk berbakti pada nusa dan bangsa serta menjadi teladan untuk sekitar.

"Pesan saya untuk adik adik kelas agar semangat berlatih Pramuka dan dapat menjadikan Pramuka Garuda sebagai media untuk berbakti kepada bangsa dan menjadi teladan bagi keluarga, teman-teman, serta lingkungan masyarakat," pungkasnya.(*)

SUMBER : Parsito / Humas Kwarcab Banyumas

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close