74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Unsoed Mou dengan Dongguk University dan Pukyong National University

FPIK dan Pascasarjana UNSOED Jalin Kerja Sama dengan Dongguk University dan Pukyong National University/Foto : Dok. Unsoed

CTVINDONESIA - Dekan Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan juga Direktur Pasca Sarjana  menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pukyong National University dan Dongguk University, Korea. 


Penandatanganan PKS ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) yang dilakukan oleh salah satu dosen FPIK yang juga koordinator prodi Magister Bioteknologi Pertanian, Prof. Maria Dyah Nur Meinita. 


Melalui program SAME tersebut Prof. Maria mendapatkan kesempatan untuk menjadi visiting Professor di Laboratorium Molecular Neurobiology yang diketuai oleh Prof. Il Soo Moon pada 9 September-30 November 2023. 


Sebagai hasil dari kegiatan tersebut, beberapa waktu lalu dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara  Dekan College of Medicine Science, Dongguk University, Prof. Kwan Lee dengan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  (FPIK) Dr. Endang Hilmi . 


Selain dengan FPIK , juga ditandatangani PKS dengan Pasca Sarjana Unsoed yaitu antara Direktur Pasca Sarjana Unsoed, Prof. Imam Widhiono  dengan Dekan College of Medicine Science, Dongguk University, Prof. Kwan Lee.  


Prof. Maria mengatakan di dalam MoA tersebut terdapat beberapa kesepakatan kolaborasi antara dua institusi yaitu kolaborasi di bidang akademik dan kegiatan ilmiah seperti Visiting lecturer, Lecturer exchange and mobility serta potensi kerja sama di bidang penelitian. 


Dongguk University merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Korea. Universitas ini menduduki peringkat ke-11 dalam peringkat universitas Korea pada tahun 2014. 


Sementara di tingkat Asia, Dongguk University menduduki peringkat ke-77 pada tahun 2015, ke-82 pada tahun 2018, dan ke-96 pada tahun 2021 diberdasarkan Asia QS World University Rankings. 


Universitas ini didirikan pada tahun 1906 di Seoul, Korea Selatan. Universitas juga mengoperasikan kampus di Peckham, Gyeongju, dan Los Angeles, Amerika Serikat. 


Universitas ini mengoperasikan dua rumah sakit afiliasi pengobatan Barat, dan empat rumah sakit pengobatan Oriental, sebuah istilah umum yang mencakup studi pengobatan tradisional Korea. 


MoA ini merupakan kelanjutan dan implementasi dari MoU antara Dongguk University dan Unsoed yang ditandatangani pada tahun 2020.


Selain Dongguk University, FPIK dan Pasca Sarjana Unsoed juga menandatangani  PKS dengan College of Fisheries Sciences, Pukyong National University (PKNU). 


MoA ini merupakan kelanjutan dan implementasi dari MoU antara Dongguk University dan Unsoed yang ditandatangani pada tahun 2017. 


Dekan FPIK Unsoed, Dr. Endang Hilmi menandatangani PKS dengan Dekan College of Fisheries Science Prof. Park Won Gyu. 


Kerjasama dengan PKNU juga dilakukan oleh Pasca Sarjana Unsoed. Direktur Pasca Sarjana Prof. Imam Widhiono menandatangani PKS dengan Dekan College of Fisheries Science, Prof. Park Won Gyu  dan  Head of Biotechnology Department, Prof. Jeong Gwi-Taek. 


Kerja sama dengan Pasca Sarjana Unsoed difokuskan pada bidang Bioteknologi Pertanian.  PKNU merupakan universitas nasional di Busan, Korea Selatan, yang dibentuk pada tahun 1996 yang merupakan penyatuan dari dua universitas  Pusan National University of Fisheries and Pusan National University of Technology  yang sudah berdiri sejak tahun 1926 dan 1946 di Busan. 


Prof. Maria menambahkan, Perjanjian Kerjasama dengan College of Fisheries Science, sebagai implementasi MoU antara Universitas Jenderal Soedirman dengan Pukyong National University. 


Unsoed bersama 17 PTN di Indonesia dan Pukyong National University juga tergabung dalam Public University Academic Network (PUAN) yang berkolaborasi dalam hal academic exchange dan juga kegiatan akademik lainnya. 


Sedangkan Perjanjian Kerja Sama dengan College of Fisheries Science, sebagai implementasi MoU antara Unsoed dengan Pukyong National University. 


Unsoed bersama 17 PTN di Indonesia dan Pukyong National Universiry juga tergabung dalam Public University Academic Network (PUAN) yang berkolaborasi dalam hal academic exchange dan juga kegiatan akademik lainnya. 


“Diharapkan kerjasama dengan Dongguk University dan Pukyong National University ini akan berkembang  dalam berbagai bidang untuk mewujudkan visi Unsoed untuk semakin maju dan mendunia,” pungkasnya.


#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close