74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Jelang Lebaran BI Purwokerto Layani Penukaran Uang Pecahan

BI Purwokerto saat melayani penukaran uang pecahan di Purwokerto.


CTVINDONESIA - Sebagai komitmen Bank Indonesia (B) dalam permenuhan ketersediaan uang rupiah berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat Kantor Perwakilan Bank indonesia (KPwB) Purwokertomempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp3,5 trillun untuk memenuhi kebutuhan penukaranuang rupiah pada momen Ramadan dan ldulfitri 2024.

Jumlah tersebut naik 6% dibandingkan tahun 2023 seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan ldulfitri (RAF).

Untuk mendukung layanan periukaran uang rupiah bagi masyarakat, Bl bekerja sama dengan perbankan menyediakan ttik-titik layanan penukaran uang upiah di seluruh wilayah eks Karesidenan Banyumas.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pemnbayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan ldulfitri tersebut dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldulfitri (SERAMBI) 2024 yang bertema"Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Kick off di wilayah kerja KPwBI Purwokerto akan dilaksanakan hari ini di Mal Pelayanan Putblik (MPP) Kabupaten Purbalingga. Bl sebagai otoritas sistem pembayaran senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya.

Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran, modernisasi armada kas keliling, dan penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Pada tahun ini KPwBI Purwokerto bersinergi dengan perbankan memberikan layanan penukaran uang rupiah selanjutnya mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 2 April 2024 dalam 3 (tiga) bentuk layanan, yaitu:

1. Layanan penukaran uang rupiah di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Purbalingga.

2. Layanan penukaran uang rupiah di bank umum. Bank Indonesia bersinergi dengan bank umum menyiapkan 37 titik penukaran di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara.

3. Layanan penukaran uang Rupiah melalui mobil kas keliling Bank Indonesia. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang upiah dengan mendaftar melalui aplikasi PINTAR https/pintar go id). 

Adapun informasi titk layanan penukaran uang rupiah dapat dilihat di instagramObank indonesia_purwokerto dan @cbp_rupiah purwokerto.

Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, KPwBI Purvwokerto berinovasi dalam mekanisme penukaran uang rupiah. 

Saat ini masyarakat tidak hanya dapat menggunakan uang tunai untuk melakukan penukaran uang rupiah, namun sudah bisa menggunakan non tunai dengan EDC dan QRIS. 

Inovasi tersebut kami harapkan dapat semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan penukaran uang rupiah.

SERAMBI 2024 juga menjadi momen penting bagi Bank Indonesia untuk mengajak masyarakat indonesia khususnya di wilayah eks Karesidenan Banyutnas utuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah Cinta Rupiah diwujudkan dengan senantiasa menyayangi Rupiah dengan mengenal ciri keaslian uang rupah yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang (3D), dan merawat Rupiah.

Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan diremas, Jangan distapler, dan Jangan dhibasahi.

Bangga Rupah karena rupiah tidak hanya sebagai alat pembayaran yang sah dalam kegatan perekonomian nasional tetapi juga merupakan simbol kedaulatan bangsa Pengguaan uang rupiah.

Negara kKesatuan Republik indonesia (NKR) memilki peranan penting dalam menjaga kedaulatan.

Sementara itu, Paham Rupiah diturjukkan melalui perlaku bjak berbelarja sesuai kebutuhan,berbelanja produk dalam negeri untuk dukung UMKM nasional, serta nenabung dan berinvestasi untuk mendukung pertunbuhan ekonomi berkelanjutan.



Posting Komentar

Posting Komentar

close
close