74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Basarnas Cilacap Ikut Kerahkan Tim Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Basarnas Cilacap Bantu Penanganan Gempa di Cianjur.(Dok. Basarnas Cilacap via Galih)

CTVINDONESIA, CIANJUR
- Pasca gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur membuat tim penanganan bencana bergerak cepat beri bantuan. Salah satunya adalah Basarnas Cilacap.


Dikutip CTV.co.id dari WAG Wartawan Independen, Senin 21 Nopember 2022 menyebutkan Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Cilacap mengirimkan puluhan personel Rescuer.


Penugasan tim untuk membantu proses penanganan dan evakuasi korban gempa bumi berkekuatan 5.6 Skala Richter di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022).


Dok. Basarnas Cilacap via Galih

"Sebanyak 15 orang Rescuer telah kita berangkatkan sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB ke lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa.


Ia menambahkan, tim diperkirakan akan tiba di Cianjur pada Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 01.00 WIB, mengingat perjalanan dari Cilacap menuju Cianjur ditempuh selama 8 jam perjalanan melalui jalur darat. 


Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter dengan kedalaman 10 Kilometer mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB yang berpusat di 10 Kilometer arah barat daya. 


Lebih lanjut, selain dukungan personel, Kantor SAR Cilacap juga memberikan dukungan berupa peralatan SAR seperti 1 Unit Rescue Truck Compartment, 1 Unit Truck Personil, 1 Unit Rescue Car Type II dan 1 Unit Trail Klx. 


Adapun 1 Set Peralatan Evakuasi, 1 Set Peralatan Ekstrikasi, 1 Set Peralatan CSSR, dan APD personil lengkap. 


Diketahui, tidak hanya tim Rescuer dari Kantor SAR Cilacap dan Kantor SAR Bandung saja, bantuan personel dan peralatan juga dikerahkan dari Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, dan Basarnas Spesial Grup (BSG). 


Selain itu, potensi SAR Jawa Barat dan sekitarnya guna membantu proses evakuasi gempa bumi di Cianjur.


"Mudah-mudahan dengan keberadaan tim Rescuer ini dapat membantu proses penanganan dan evakuasi korban gempa bumi di Cianjur," ujar Adah.***

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close