74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Jembatan Lopasir di Desa Karanglewas Roboh


CTVINDONESIA, BANYUMAS
- Jembatan Lopasir di sungai lopasir yang menghubung dua desa yakni desa Karanglewas Jatilawang Banyumas dan desa Losari roboh akibatnya aktivitas warga terganggu, Kamis malam, 24 Nopember 2022.


Selain iti Dua dusun yakni dusun kepel dan dusun Karanglewas juga terputus akibat robohnya jembatan tersebut.


Menurut Perangkat Desa Karanglewas, Sugono mengatakan robohnya jembatan terjadi pada Kamis malam sekitar pukul 18:00 WIB akibat hujan deras sehingga arus sungai menjadi deras dan mengikis tanah dipinggiran sungai.



Untuk sementara jembatan tidak dapat dilalui kendaraan bermotor, bahkan sebenarnya warga juga dilarang untuk melewati walau jalan kaki, karena menurut Sugono tanah di Sisi Utara Jembatan cukup labil.


" Jembatan lopasir tidak bisa dilalui motor maupun mobil, bahkan untuk melewati dengan jalan kaki pun cukup riskan, karena tanah labil, untuk itu kami himbau untuk gunakan jalur alteenatif lain,"kata Sugono.


Sementara Warga Karanglewas bernama Suyatno yang sehari hari berdagang Bakso di Pusat Kota dan melintas di Jembatan Lowpasir kini terpaksa harus memutar ke arah Barat hingga 8 kilometer.



"Saya harus muter ke arah Barat untuk menuju tempat jualan saya sejauh 8 km, padahal biasanya ditempuh hanya sekitar 4 km,"kata Suyatno.


Suyatno dan warga lain yang memanfaatkan jembatan yang dibangun tahun 2007 berharap agar pihak terkait segera memperbaiki agar aktivitas tidak terganggu.


Sedang warga bernama Indah yang tinggal persis disisi jembatan Lopasir menceritakan pada saat kejadian robohnya jembatan sedang berkumpul bersama keluarga.


Dirinya mengaku terkejut ketika ada getaran yang disangka gempa, namun setelah keluar rumah mendapati jembatan depan rumah runtuh. Serta merta Indah langsung menggendong anaknya yang masih kecil untuk menjauh dari dekat lokasi jembatan yang roboh.


"Saya kaget mas pas kejadian kirain gempa, setelah keluar rumah ternyata jembatanya ambrol, yang pertama saya amankan anak saya yang masih kecil,"terangnya.


 Petugas Satpol PP Kecamatan Jatilawang saat dilokasi kejadian menghimbau para warga sekitar untuk tetap waspada.Ia juga berharap agar masayarakat tidak melewati jembatan Lopasir.


"Demi mengantisipasi ketertiban,kami bersama pihak pemdes, tni, dan Polri membuat pagar penutup agar jembatan tidak dilintasi,"pungkasnya.(*)

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close