74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Indonesia Kirim Pasukan Misi PBB, Ada Anggota Polisi Asli Putra Banyumas

Inspektur Polisi Dua (Ipda) Fajar Afrianto, S.T.

CTVINDONESIA
- Salah satu putra Banyumas menjadi menjadi Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA yang akan melaksanakan tugas misi PBB di wilayah konflik Afrika Tengah. Dia adalah Inspektur Polisi Dua (Ipda) Fajar Afrianto, S.T.


Dikutip CTV.co.id dari Bu@AJ_Fitri melalui Harsono, Sabtu sore (27/8/2022) menyebutkan pembaretan pasukan Garuda tersebut berlangsung di Gunung Halimun, Caringin, Jawa Barat pada tanggal 26 Agustus 2022.


Upacara dipimpin oleh Kepala Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA AKBP Wahid Kurniawan S.I.K sebagai Komandan Upacara.



Sedangkan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum sebagai inspektur upacara menutup pembaretan personel Satgas di Camp Puncak Halimun pada hari Jumat. Acara dihadiri juga Brigjen. Pol. Krishna Murti, S.I.K., M.Si. sebagai Karomisinter Divhubinter Polri.


Irjen Pol. Johni Asadoma mengtaakan sebanyak 154 personel Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 4 MINUSCA yang terdiri dari 25 polisi wanita (Polwan) dan 115 polisi laki-laki (Polki) yang telah mengikuti latihan pra penugasan untuk berangkat pada tanggal 17-19 September 2022. 


Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA telah melewati proses latihan yang panjang dan telah teruji sesuai dengan standar PBB untuk pemberangkatan ke Bangui, Republik Afrika Tengah.



"Mereka melalui proses panjang untuk bisa tergabung dalam misi PBB di daerah konflik Afrika Tengah,"kata Kadiv Hubinter.


Ditambahkan proses tersebut meliputi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa, terutam Bahasa Inggris dan Prancis.


"Telah kami seleksi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa. Kemudian kita latih juga mereka bahasa Inggris dan bahasa Prancis, terutama karena disana adalah misi francophone, dan juga masalah teknik taktik lapangan agar mereka siap untuk ditempat di misi perdamaiaan PBB" terang Kadivhubinter Polri.


Ipda Fajar Afrianto, ST


Diketahui, Ipda Fajar Afrianto, ST adalah warga Banyumas yang pernah bersekolah di SMK wiworotomo Purwokerto mengambil jurusan teknik mesin.


Selanjutnya Fajar kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan teknik mesin, dan wisuda pada bulan oktober tahun 2018.


Usai menyelesaikan kuliahnya, Fajar mendaftar di Kepolisian melalui jalur SIPSS ambil jurusan teknik mesin.


Fajar mengatakan bahwa saat masuk Kepolisian tidak membayar sepeserpun, dan pada bulan februari 2019 seleksi tingkat Panda dan tingkat Pusat dimudahkan, lalu pendidikan di Akpol Semarang selama 6 bln.


"Selanjutnya pada bulan september 2019 saya dilantik menjadi anggota Polri berpangkat Ipda dan berdinas di Puslitbang Polri (Mabes Polri) bagian pengujian kendaraan,"kata Fajar.


Fajar juga menjelaskan bahwa suatu tawaran menarik dari Komandan saya karena beliau pernah ikut misi. Dikatakan bahwa FPU itu membutuhkan para Mekanik Polri yang handal untuk memperbaiki kendaraan taktis United Nations.


"Saya tertarik untuk mendaftar, dan alhamdulillah dengan Ridho dari Allah SWT saya dimudahkan menjadi Kepala Mekanik (MTO) di FPU 4 MINUSCA yang akan ditugaskan di misi Bangui  Republik Central Afrika,"pungkasnya.***


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close