74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Hujan Satu Jam Saja, Desa Pesawahan Rawalo Sempat Tergenang

Foto : Tangkapan layar/Eddy Wahono

CTVINDONESIA, BANYUMAS
- Terjadi banjir di beberapa daerah dalam kecamatan Rawalo kabupaten Banyumas, Demikian rilis yang diterima Tim CTV Indonesia.


Hujan deras hari minggu (03/04/2022) jam 16.30 sampai jam 17.30 sebabkan daerah Pesawahan, Kalikulu, tipar, sidamulih beberapa rumah dan pekarangan warga tergenang 30 cm - 50 cm.


David Okta Nugraha anggota Forum Relawan Lintas Organisasi  FORTASI Banyumas segera menuju lokasi di tiga wilayah desa terdampak.



David menjelaskan bahwa di desa Tipar Rt.01 Rw 02 penyebab meluapnya sungai Dare. Desa Pesawahan Rt.01, Rt 02 Rw.04, Rt.01, Rt 02 Rw 05 Penyebab meluapnya sungai Sungkalan. Desa Sidamulih Rt.01 Rw. 01 Irigasi Tajum meluap.


Rata2 ketinggian air di tiga desa 50 Cm dan merendam beberapa rumah penduduk.


Didapatkan  Perbedaan elevasi ketinggian dasar sungai sampai ke muara Tajum dan Serayu cukup tinggi sehingga banjir hanya sebentar ujarnya.



Eddy Wahono Pembina Forum Relawan Lintas Organisasi FORTASI menyatakan bahwa permasalahan utama banjir di tiga desa yang  karena ada dua sungai yang sudah tidak mampu menampung debit air sesaat akibat hujan yang deras sehingga meluap kepemukiman warga.


Terjadi penyempitan penampang basah sungai dan pendangkalan.


Sedangkan untuk Irigasi Tajum sudah dilaporkan pada Balai Psda Serayu Citanduy diduga karena karena ada limpasan air dari embung di desa Sidamulih grumbul Karang kemiri Rt.01 Rw 01.


Lanjut Eddy sangat diharapkan peran dinas teknis untuk dapat meminimalisir banjir di tiga desa tersebut.


sumber : Eddy Wahono


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close