74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Pedagang Pasar Weleri Turun ke Jalan, Minta Lokasi Pasar Tetap Ditempat Semula

Gelar Aksi Damai, Pedagang Pasar Weleri Tuntut Lokasi Pasar Tetap di Tempat Lama.(FOTO : WAG Forward)

KENDAL - Perwakilan pedagang Pasar Weleri 1 yang terbakar, menggelar aksi damai menuntut penempatan pasar nanti tetap di lokasi pasar yang terbakar dan juga terkait relokasi pasar darurat di Terminal Bahurekso. 


Aksi digelar di depan Pasar Weleri 1, diikuti puluhan pedagang yang menamakan diri Forum Pedagang dan Keluarga Korban Kebakaran Pasar Weleri, pada Jumat sore (10/12/2021).


Menurut koordinator aksi, Arie Fredyanto mengungkapkan, kegiatan ini digelar oleh para pedagang, menuntut kepada pemerintah, terkait lokasi dan relokasi pasar. 



"Ada beberapa tuntutan dari kami. Tapi yang terpenting, para pedagang meminta kepada pemerintah untuk pembangunan pasar nanti, lokasinya tetap berada di tempat yang lama dan tidak dipindah ke tempat lain," ungkapnya kepada awak media.


Arie juga menjelaskan, hal ini dilakukan karena adanya isu jika nantinya lokasi pasar akan dipindah. Bukan di lokasi yang lama. Hal ini menurut para pedagang bisa menurunkan pendapatan mereka.


Selain itu para pedagang juga menuntut agar penataan relokasi pasar darurat di Terminal Bahurekso, agar diperkuat bangunannya dan dilengkapi fasilitasnya.



"Mosok pasar belum ditempati sudah ambruk beberapa kali. Ini kan berbahaya bagi pedagang dan pembeli. Selain itu kondisi relokasi pasar juga belum layak ditempati, seperti tempat belum diplester, juga listrik dan air juga harus dipenuhi semua. Termasuk transportasinya," imbuh Arie.


Bukan hanya itu saja, para pedagang juga menuntut agar relokasi pedagang dilaksanakan tanpa tergesa-gesa. Karena menurut Arie, relokasi ini nantinya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


"Sebentar lagi kan puasa, kita butuh biaya. Mbok ya kalau bisa, relokasi jangan tergesa-gesa," ujarnya.


Tuntutan lain yang disampaikan para pedagang, yakni nantinya jika pasar sudah jadi, dan siap ditempati, pedagang minta tidak membayar lapak atau kios. 


"Nantinya pasar yang dibangun oleh pemerintah ataukah siapa tidak tau, kami menuntut untuk digratiskan, selama menempati kios tersebut," tandas Arie.


Sementara itu Ketua Paguyuban Pedagang Eks Pasar Weleri 1 Bangkit, Warno menambahkan, sebelumnya sudah ada audiensi bersama Bupati dan Kesbangpol juga.


"Kami dari paguyuban mendukung apa yang menjadi tuntutan pedagang, yang juga keluarga besar kami. Intinya para pedagang siap direlokasi, namun kemarin pak Bupati kan mintanya bulan Desember ini. Lha kami minta tidak tergesa-gesa, ya kalau bisa habis lebaran saja," ujarnya.


Selain itu, pedagang minta tempat relokasi pasar darurat, struktur bangunannya diperkuat, dengan mempertimbangkan keselamatan pedagang dan pembeli. 


"Pedagang juga menuntut agar fasilitas relokasi di pasar darurat dipenuhi, struktur bangunan harus kuat, termasuk listrik, air dan bus trans jateng juga harus masuk terminal," pungkas Warno. (*)



Posting Komentar

Posting Komentar

close
close