CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Unsoed Dan STIN Jalin Kerjasama Penelitian Bersama Mendukung Ketahanan Nasional

Unsoed Dan STIN Jalin Kerjasama Penelitian Bersama Mendukung Ketahanan Nasional

FOTO: RAMA


Purwokerto - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) sepakat menjalin kerjasama di bidang penelitian yang mendukung Ketahanan Nasional.

Kerjasama kedua lembaga pendidikan tinggi itu tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditanda tangani oleh Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS dan Wakil Gubernur STIN Kombes Polisi Dr. Barito Mulyo Ratmono, S.I.K yang mewakili Gubernur STIN Brigjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason di ruang rapat Rektor Unsoed, Purwokerto, Rabu (8/1/2020).

Seusai penandatanganan MoU, Wakil Gubernur STIN Kombes Pol. Dr. Barito Mulyo Ratmono mengungkapkan, kerjasama yang dilakukan dengan perguruan tinggi lain seperti Unsoed adalah dalam rangka menjadikan STIN sebagai perguruan tinggi intelijen yang mendunia (World Class).

Untuk menjadi perguruan tinggi yang  World Class, kata Barito, STIN harus berjejaring.

Karena itu, lanjut Barito, setelah penandatanganan MoU tersebut selesai dilaksanakan, diharapkan bisa langsung ditindak lanjuti dengan perjanjian kerjasama (PKS) dalam waktu satu semester tahun ini sudah bisa terealisasi yaitu diantaranya pertukaran dosen dan penelitian bersama.

Untuk penelitian bersama, lanjut Barito, sangat penting dan ada empat tema yang hasilnya nanti bisa mendukung Ketahanan Pangan.

“Yang kita tahu pak Rektor ini jagoannya di masalah pangan, banyak penemuan-penemuan varietas Prof ya, ketahanan pangan. Ketahanan pangan tentu spektrumnya nanti diperluas tidak hanya terkait dengan makanan pokok padi saja, tapi mungkin perikanan, kemudian peternakan dan sebagainya. Kemudian ketahanan energi, ketahanan teknologi dan ketahanan sosial. Nah ini banyak yang kemudian tidak mempedulikan masalah ketahanan sosial ini,” kata Dr. Barito Mulyo Ratmono, S.I.K.


Sementara itu ditempat yang sama, Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS menyambut baik dan mendukung kerjasama dengan STIN yang sama-sama mempunyai tugas mencerdaskan kehidupan bangsa.

Terkait penelitian bersama, kata Profesor Dr. Suwarto, bisa dilakukan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabidan Masyarakat (LPPM).

“Seandainya nanti di STIN penelitiannya dalam bentuk paket-paket, nanti bisa kita  kerjasama dengan dosen Unsoed, mungkin nanti bidang pangan, bidang energi, maupun bidang rekayasa sosial,” tutur Profesor Dr. Suwarto, MS.

Sedangkan penelitian bersama di bidang pangan, kata Rektor, di Unsoed ada pusat penelitian pangan, gizi dan kesehatan. (Rama)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.