CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Dusun Kebaniiran Akibat Luapan Sungai Cijalu

Dua Dusun Kebaniiran Akibat Luapan Sungai Cijalu


foto:awan
Cilacap - Sungai Cijalu yang berada di wilayah Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2020) sekitar pukul 18.30 WIB, meluap.

Luapan itu menyebabkan banjir dan menggenangi 2 dusun, Dusun Mulyadadi dan Dusun Sidamulya, Desa Mulyadadi, Kecamatan Majenang. Sedikitnya 200 KK terdampak banjir

Menurut informasi dari Unit Pelaksana Teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (UPT BPBD) Kecamatan Majenang, banjir yang menggenangi 2 dusun tersebut disebabkan hujan turun dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur wilayah Kecamatan Majenang dari pukul 16.30 hingga 18.00 WIB.

Tidak hanya itu. Debit air sungai Cijalu juga meningkat dan terjadi luapan dengan ketinggian sekitar 40 cm.

Warga di RT 04 dan RT 05 RW 04, Dusun Mulyadadi dengan 60 kepala keluarga (KK) terdampak, sedangkan di RT 01 sampai RT 04 RW 04, Dusun Sidamulya, jumlah KK terdampak sebanyak 150.

UPT BPBD Majenang bersama unsur Forkopimcam yang mendatangi tempat kejadian bencana (TKB) langsung melakukan pendataan dan mengimbau warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan adanya banjir susulan, serta dampak dari banjir yaitu penyakit gatal-gatal.

Diperlukan peralatan guna pembersihan sampah akibat banjir dan logistik lainnya.

Hingga berita ini ditulis, kerugian dan kerusakan masih dalam penghitungan.

Yang pasti tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, dan debit air sungai Cijalu dilaporkan juga mulai menurun.

Pukul 23.00 WIB pihak Forkopimcam Majenang dan dinas terkait turun ke lokasi, dan debit air sungai Cijalu sudah surut.

Menurut Sangidun, mantan Kepala Desa Mulyadadi menungkapkan, saat ini tanggul sungai Cijalu tepatnya di samping TK Mashitoh VIII Mulyadadi, Majenang, kondisinya kritis. (Awan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment